Kemenag Pekanbaru Bayarkan Biaya Paspor 585 Calhaj

id kemenag pekanbaru, bayarkan biaya, paspor 585 calhaj

Pekanbaru, 13/8 (ANTARA) - Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Pekanbaru, Ruslan, mengatakan pihaknya telah membayarkan biaya paspor sebanyak 585 calon haji dengan total Rp16 juta.

Ruslan di Pekanbaru, Jumat menjelaskan pihaknya baru membayarkan sekarang karena karena menunggu kepastian keberangkatan mereka ke Mekkah.

Disebutkan, dari 594 orang yang telah mengurus paspor, tinggal sembilan orang yang belum memiliki paspor haji karena belum membayar biaya pengurusan dokumen itu.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat menargetkan pengurusan paspor selesai pada akhir Agustus 2010, apalagi paspor ini sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan visa.

"Begitu jadi, kami langsung mengirimkan (buku paspor haji, red.) ke Jakarta (Kementerian Agama, red.)," katanya.

Kepala Seksi Lalu Lintas Kemigrasian (Lantaskim) Imigrasi Pekanbaru, Wijono, menyebutkan baru Kabupaten Pelalawan yang sudah membayar lunas biaya paspor, sementara tiga kabupaten/kota lainnya belum.

"Untuk Kabupaten Pelalawan terdapat 252 calhaj yang mengurus paspor dan pembuatannya sudah selesai," kata dia.

Ia menyebutkan para calhaj dari tiga daerah yang masuk wilayah kerja Kantor Imigrasi Pekanbaru yang belum melunasi biaya pengurusan paspor, yakni Kampar, Rohul, dan Pekanbarui.

Hal itu, menurut Wijono, karena adanya penambahan data dari Kantor Kemenag masing-masing kabupaten/kota.