Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis Masuki Hari Ketiga

id kapal tenggelam,basarnas pekanbaru,kapal tenggelam bengkalis

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis Masuki Hari Ketiga

Proses pencarian korban kapal tenggelam di perairan Bengkalis, Riau. (foto Basarnas Pekanbaru)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Tim gabungan memasuki hari ketiga dalam pencarian terhadap satu korban yang masih hilang dalam insiden tenggelamnya kapal pengangkut semen di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa.

“Pagi ini kita masih melakukan penyisiran,” kata Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo kepada Antara di Pekanbaru.

Ia menjelaskan proses pencarian masih mengerahkan total 15 personel gabungan.

Basarnas POS SAR Bengkalis menurunkan lima anggota, kemudian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis sembilan orang, dan Polair Bengkalis satu orang.

Baca juga: Kapal Angkut Semen yang Tenggelam Sempat ditahan Lanal Dumai

Hingga Selasa siang, lanjutnya, masih ada satu korban yang belum ditemukan, yakni bernama Dasril.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan pada hari ini akan ada potensi hujan ringan hingga sedang yang bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis. Tinggi gelombang untuk perairan di Riau pada umumnya berkisar antara 0,5–1,25 meter, dengan angin bertiup dari arah Barat Laut ke Timur Laut dengan kecapatan 09-30 kilometer per jam.

Sebelumnya, kapal Kargo DBS 02 dengan muatan 700 ton semen PT Semen padang dilaporkan tenggelam sekitar pukul 22.00 WIB, Sabtu malam (26/1). Kapal itu mengangkut 700 ton Semen Padang, berangkat dari Dermaga PT Semen Padang di Kawasan Industri Lubuk Gaung Dumai Kecamatan Sungai Sembilan, menuju Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau

Saat kejadian, ada 10 penumpang di kapal tersebut terdiri dari sembilan kru dan satu orang saudara kru yang ikut berlayar, menurut keterangan Basarnas Pekanbaru. Hingga kini baru sembilan orang korban yang sudah ditemukan dalam kondisi hidup.

Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada mengatakan, kapal tenggelam akibat hantaman ombak setinggi 2 hingga 3 meter dengan kecepatan angin sekira 20 hingga 30 Knot, dan tujuh anak buah kapal langsung menyelamatkan diri dengan meloncat dan menaiki perahu karet. Sedangkan tiga lagi bertahan di kapal.

"Tim akan terus melakukan pencarian korban hilang dan dimaksimalkan hingga tujuh hari kedepan, semoga cuaca mendukung dan kita juga dibantu sejumlah instansi lain," sebut Gede.

Berikut ini daftar nama-nama korban yang sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Fujianto (mualim 1), Hardiana Adi jaya (mualim II), Iwan (ABK), Ismial (saudara kru). Kemudian kapten kapal Haris, Mulidi Saputra Pasaribu (ABK), dan Wiyo (Masinis III), Bahtiar (Masinis III), Budi Santoso (oiler).

Korban belum ditemukan adalah Dasril, kru kamar mesin.

Baca juga: Pencarian Satu Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis dilanjutkan, ini strateginya

Baca juga: Dua Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis Diselamatkan Warga