Uji Beban Februari, Jembatan Siak IV bisa digunakan Maret 2019

id Jembatan Siak IV,infrastruktur riau

Uji Beban Februari, Jembatan Siak IV  bisa digunakan Maret 2019

Uji Beban Februari ini, Jembatan Siak IV sudah bisa digunakan Maret 2019 (Antaranews/Diana Syafni)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Pihak Kontraktor PT Brantas Abipraya terus menggesa pembangunan proyek Jembatan siak IV, yang menghubungkan pusat Kota Pekanbaru dengan Rumbai Pesisir, agar bisa rampung awal Februari tahun ini.

SHEQ Manager PT Brantas Abipraya, Rengki Elektanus di Pekanbaru, Rabu, mengatakan uji beban Jembatan Siak IV direncanakan dilakukan pada Februari, sementara efektifnya jembatan tersebut sudah bisa digunakan pada Maret 2019 ini.

"Uji Beban dilakukan pada 8-10 Februari, kita akan koordinasi dengan PUPR untuk kesiapan uji beban, untuk mengetahui apakah jembatan ini layak dilalui atau tidak. Kemungkinan maret sudah bisa dilewati," kata Rengki Elektanus.

Baca juga: Tiga Proyek Strategis Riau ditargetkan rampung Januari 2019

Rengki mengatakan saat ini pengerjaan jembatan Siak IV pada tahap pengecoran segmen MS 0, yaitu pengecoran penyambungan jembatan.

"Rencananya Jumat 25 Januari ini akan kita lakukan pengecoran MS 0, segmen MS 0, yaitu pengecoran penyambungan jembatan ini supaya tersambung secara keseluruhan. Lebar yang harus dicor itu nanti adalah 20,5 meter, panjangnya 3 meter," jelas Rengki.

Baca juga: Adakah Komitmen Pemprov Riau Tuntaskan Jembatan Siak IV Tahun ini?

Sementara itu, pantauan dilapangan, Jembatan Siak IV memang sudah tersambung. Hanya saja, ada bagian yang harus dicor agar seluruh bagiannya tersambung sempurna.

Pada kesempatan yang sama, untuk memastikan pembangunan, Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Pekanbaru Noviwaldy Jusman, Kordias Pasaribu, Ade Hartati dan Mansyur HS melakukan inspeksi mendadak ke Jembatan Siak IV, Rabu (23/1).

Usai sidak, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Noviwaldy Jusman menegaskan, Jembatan Siak IV sudah benar-benar tersambung dan pihak kontraktor telah menepati janjinya.

"Alhamdulillah sesuai kesepakatan, berkat doa kita semua, pembangunan Jembatan Siak IV sudah dapat dikatakan rampung," kata politisi yang akrab disapa Dedet.

Politisi Demokrat Riau ini mengatakan, pada Maret jembatan Siak IV sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Baca juga: Sebelum Jembatan Siak IV diresmikan, DPRD Riau panggil Dinas PUPR