Pengunjung naik lift Menara Jembatan Siak tembus 2.316 orang

id Lift Jembatan Siak, Lift Menara Jembatan, pengunjung lift Jembatan

Pengunjung naik lift Menara Jembatan Siak tembus 2.316 orang

Pengunjung ketika naik lift menuju Lobby Menara Jembatan TASL Siak yang dibuka sejak 10 Oktober 2023 lalu. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mencatat jumlah pengunjung yang naik lift Menara Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) menembusangka 2.316 orang sejak dibuka pada 10 Oktober 2023 lalu sehingga ini menjadi primadona wisata baru di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan dari 10 Oktober itu sampai dengan 24 Desember 2023 pengunjung berjumlah 1.693 orang. Kemudian jumlah pengunjung terhitung dari tanggal 25 Desember sampai dengan 1 Januari 2024 sebanyak 623 orang.

"Terdata untuk tiket dewasa terjual kepada 451 orang, sementara untuk anak-anak terjual 172 orang, totalnya berjumlah 623 pengunjung. Kalau kita total keseluruhannya pengunjung lift jembatan, mulai Oktober sampai dengan 1 Januari 2024, berjumlah 2.316 orang," sebutnya.

Naik lift jembatan Siak ini, menurutnya, memiliki sensasi tersendiri dengan perjalanan menuju puncak menara yang berada di tiang luar jembatan. Kemudian setelah sampai puncak ada ruangan lobby yang berada di ketinggian 76 meter dari permukaan air Sungai Siak.

"Sejak dibuka Pak Bupati Oktober lalu, bertepatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak, masyarakat banyak yang penasaran mau naik lift ke menara jembatan," ujarnya.

Melihat antusias masyarakat terus meningkat, Tekad mengatakan ada rencana untuk membuka lift jembatan yang berada di seberang menara satunya lagi. Namun hal itu lanjutnya tergantung Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Permukiman Siak.

"Rencana ada, namun itu tergantung dinas Pekerjaan Umum, karena butuh anggaran yang lumayan besar juga, menyiapkan 'landscape' dan tamannya," sebutnya.

Pengunjung Lift Jembatan Siak, Rahman (25) menceritakan pengalamannya baru pertama kali naik. Aktivitas ini sangat memacu adrenalin ketika lift berjalan ke atas jantung berdetak kencang.

"Namun setibanya di lobby menara jembatan, terbayar penasaran ini. Pemandangan sudut kota Siak dan sungai dari atas cukup indah," singkatnya.