Adakah Komitmen Pemprov Riau Tuntaskan Jembatan Siak IV Tahun ini?

id adakah komitmen, pemprov riau, tuntaskan jembatan, siak iv, tahun ini

Adakah Komitmen Pemprov Riau Tuntaskan Jembatan Siak IV Tahun ini?

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan proyek Jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru, yang sudah sekitar tiga tahun terbengkalai.

Komitmen itu diungkapkan Arsyadjuliandi Rachman saat meninjau lokasi proyek jembatan itu, Selasa, bahwa Jembatan Siak IV ditargetkan sudah bisa difungsikan pada November 2018.

"Ditargetkan akhir November 2018 ini selesai, tersambung dan bisa digunakan," katanya.

Jembatan Siak IV mulai dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Riau Rusli Zainal, yang mulai dianggarkan sejak 2009. Pengerjaan dan penganggarannya di APBD Riau kemudian dihentikan saat pemerintahan Gubernur Riau Annas Maamun pada 2014. Salah satu penyebabnya adalah karena diduga ada penyimpangan penggunaan dana.

Setelah dipastikan melalui audit tidak ada masalah yang menimbulkan kerugian negara, Pemprov Riau kembali melanjutkan proyek itu dimasa pemerintahan Arsyadjuliandi Rachman.

Proses pengerjaan dari pembangunan Jembatan Siak IV sepanjang 834 meter dan lebar 18,5 meter itu akhirnya dilanjutkan pada akhir 2017. Andi Rachman menegaskan, jembatan yang melintasi Sungai Siak untuk menghubungkan pusat kota ke daerah Rumbai itu, nantinya akan mendorong roda ekonomi masyarakat sekitar.

"Ini kan properti masyarakat, dan memang masyarakat sekitar bagusnya dijaga betul kawasan daerah aliran sungai. Supaya bermanfaat untuk jangka panjang," katanya.

Ia mengatakan, berbagai fasilitas pendukung disekitar jembatan nantinya akan dibangun untuk mempercantik bangunan itu, yakni taman di dua sisi bidang jembatan.

Kelanjutan proyek tersebut kini dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero), sebuah BUMN, yang selama ini telah menjalankan beberapa proyek pembangunan negara. Total anggaran pengerjaan sebesar Rp107 miliar dalam pagu APBD Riau secara "multiyears".

Project Manager PT Brantas, Hidayat menjelaskan, progres pengerjaan Jembatan Siak IV sudah sekitar 15 persen sejak kontrak kerja ditandatangani. Secara keseluruhan, berarti sudah 79 persen konstruksi fisik jembatan itu sudah rampung dari terakhir kali proyek itu dihentikan.

Ia menjelaskan, pengerjaan yang sudah berjalan diantaranya adalah pembangunan lantai jembatan, oprit di sisi Rumbai dan paving untuk taman di sisi Sudirman, penimbunan tanah untuk pemasangan gearder di sisi sungai sekarang sedang berjalan.

"Kami masih tunggu rekomendasi Komisi Kemananan Jalan Terowongan dan Jembatan," ujar dia.

***1***