BPBD : 55 hektare lahan Riau terbakar

id Kebakaran hutan,BPBD Riau, Rokan Hilir

BPBD : 55 hektare lahan Riau terbakar (Antaranews)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat seluas 55 hektare lahan di pesisir wilayah tersebut terbakar sejak awal Januari 2019.

"Kebakaran terluas tercatat di Kabupaten Rokan Hilir yang mencapai 40 hektare," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan kebakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir terjadi sejak 2 Januari lalu, dan memakan waktu hingga lima hari lamanya sebelum akhirnya berhasil dikendalikan tim gabungan TNI, Polri dan Manggala Agni.

Selain di Rokan Hilir, ia juga mengatakan kebakaran lahan juga terjadi di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Desa Bumbung, Kecamatan Mandau dan Desa Pamesi, Kecamatan Bathin Solapan dengan total luas mencapai 10 hektare.

Selanjutnya di wilayah Dumai tercatat seluas 1 hektare yang berlokasi di perbatasan Dumai-Rokan Hilir. Selain wilayah pesisir Riau, kebakaran juga terjadi di wilayah daratan tepatnya di Kabupaten Kampar dengan luas mencapai empat hektare.

Edwar mengatakan secara umum Provinsi Riau dalam kategori aman dari bencana Karhutla. Namun, dia memberikan pengecualian di wilayah pesisir seperti Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Bengkali hingga Indragiri Hulu.

"Wilayah pesisir Riau dalam kategori mudah hingga sangat mudah terbakar," ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Tanah Putih, Rokan Hilir, Kompol L Simatupang dihubungi mengatakan kebakaran yang terjadi di Desa Mamugo dalam sepekan terakhir berhasil dikendalikan.

"Tadi malam hujan, dan siang ini juga potensi hujan karena langit mendung. Kami bersyukur terjadi hujan tadi malam dan api langsung padam," kata Simatupang.

Lebih jauh, dia menegaskan saat ini pihak Polsek Tanah Putih dan Polres Rokan Hilir fokus pada penyelidikan penyebab kebakaran di lahan gambut dengan vegetasi semak belukar dan sebagian telah ditanami sawit tersebut.
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar