Bupati Suyatno Pimpin Rapat Perseiapan HUT Kabupaten Rokan Hilir Ke-19

id bupati suyatno, pimpin rapat, perseiapan hut, kabupaten rokan, hilir ke-19

Bupati Suyatno Pimpin Rapat Perseiapan HUT Kabupaten Rokan Hilir Ke-19

Istimewa

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau Suyatno didampingi Sekretaris Daerah Surya Arfan memimpin rapat persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rohil di Mess Pemda setempat, Jumat.

"Berbagai persiapan memang harus sudah dipikirkan dari awal agar pada pelaksanaannya nanti tidak ada masalah lagi. Makanya semua yang terkait hadir dalam pertemuan," kata Bupati disaat memimpin rapat.

Rapat berlangsung santai dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sejumlah Kepala Bagian (Kabag) dan staf terkait. Rapat awal tersebut membahas berbagai rencana awal untuk kegiatan yang akan digelar Pemkab dalam menghadapi Hari Jadi Rohil ke-19 yang jatuh pada 4 Oktober 2018.

Selain menentukan apa saja item kegiatan yang akan digelar, pada kesempatan itu juga ditetapkan penanggungjawab untuk masing-masing kegiatan. Sehingga satu item kegiatan ditangani oleh satu pihak sebagai leading sektor, yang selanjutnya berkoordinasi dengan panitia bersama.

Terungkap sejumlah agenda yang akan dijalankan berupa kegiatan yang bersifat untuk keramaian. Tujuannya agar menumbuhkan semarak dan pengetahuan serta partisipasi masyarakat secara luas menyikapi momentum Hari Jadi tersebut.

Bupati menuturkan beberapa agenda yang akan dilaksanakan yakni jalan beregu, jalan santai, fun bike, lomba melukis kategori anak, marching band tingkat pelajar, lomba mancing, lomba barzanzi tingkat SD Hingga SMA, serta lomba hymne dan mars Rohil. Selain itu pihak Dewan Kesenian Daerah (DKD) akan mengelar iven "Rohil Bersenandung".

"Nanti panitia yang mengatur bagaimana baiknya, seperti lomba melukis itu harus bisa dicarikan tempatnya dimana, pesertanya darimana saja begitu juga untuk lomba mars dan hymne Rohil yang diikuti pelajar tingkat SMP dan SMA. Untuk Lomba mars ini koordinatornya pihak Dinas Pariwisata saja," kata Bupati.

Sedangkan untuk lomba mancing, Bupati menekankan agar panitia terkait dapat segera mengkalkulasikan untuk jumlah peserta, termasuk akomodasi yang harus disiapkan pada pada teknis penilaian ikan apa saja yang mendapatkan poin.

Namun, Suyatno menekankan secara khusus agar tangkapan atau hasil pancing berupa ikan sembilang tidak dimasukkan sebagai poin dalam lomba mancing.

"Pasalnya habitat ikan sembilang memang banyak di lokasi untuk lomba mancing itu, yakni di Perairan Sinaboi," katanya.

Bupati mengatakan untuk menghadapi hari yang bersejarah bagi daerah ini, maka semua pihak diharapkan dapat mulai menunjukkan perhatian sebagai wujud partisipasi. Untuk lebih menyemarakkan katanya maka sebaiknya segera disiapkan spanduk berisi sambutan HUT Rohil yang ditempatkan di titik strategis sehingga bisa dilihat publik secara luas.

Rangkaian kegiatan yang bersifat hiburan atau keramaian tersebut dijadwalkan berlangsung setelah puncak peringatan HUT Rohil yang ditandai dengan Sidang Paripurna oleh DPRD pada 4 Oktober. Untuk hari H, kata Bupati, akan dilaksanakan apel bersama di Batu Enam, setelah itu dilanjutkan dengan Sidang Paripurna. Untuk paripurna, hal itu menjadi kewenangan pihak Dewan bagaimana teknis dan aturannya nanti.

"Setelah itu Pemkab masuk pada kegiatan yang bersifat hiburan seperti jalan beregu yang melibatkan utusan dari kepenghuluan/kelurahan se-Kecamatan Bangko, fun bike, marching band, barzanzi dan sebagainya. Sementara pada 9 Oktober malamnya digelar Tabligh Akbar yang diisi oleh Ustadz Abdul Somad," kata Bupati lagi.

Bupati berpesan mulai dari saat ini agar seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohil dapat berbenah memperbaiki fasilitas dan lingkungan yang ditempati.

"Kondisi lingkungan harus bersih dan terus mendapatkan perhatian, sementara itu keberadaan umbul-umbul, spanduk sudah bisa mulai dipasang. Semua itu sebagai ekspresi kegembiraan menyambut HUT Rohil yang diperingati nanti," tuturnya. (adv)