Dinsos Bengkalis Tangani 90 Orang Telantar

id dinsos, bengkalis tangani, 90 orang telantar

 Dinsos Bengkalis Tangani 90 Orang Telantar

Bengkalis (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau selama dua tahun terakhir sudah menangani 90 orang telantar.

"Totalnya ada sekitar 90 orang telantar yang sudah kita tangani, 70 orang 2017 dan 20 orang hingga Juli 2018 ini," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Bengkalis Martini di Bengkalis, Jumat.

Dia menjelaskan 90 orang telantar tersebut dari berbagi jenis, seperti orang gila, gelandangan, pengemis, dan orang yang meninggal dunia yang tidak diketahui identitasnya.

"Pada umumnya orang telantar merupakan tahanan lembaga pemasyarakatan Bengkalis yang bebas murni melaporkan ke pihak kita dan kemudian dipulangkan ke kampung halamannya," kata Martini.

Untuk orang telantar jenis pengemis dan gelandangan akan dipulangkan ke daerah asalnya dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dari asal orang telantar tersebut.

"Biasanya sebelum kita pulangkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan dinas setempat, agar mereka dalam proses pemulangannya sampai ke tempat asalnya," ungkapnya.

Untuk kategori orang meninggal, pihaknya berkoordinasi dengan pihak rumah sakit setempat sampai mendapatkan pemakaman yang layak. Untuk biaya satu orang meninggal Rp1.500.000.

"Untuk biaya Rp1.500.00 tersebut tidak mencukupi untuk satu orang telantar yang meninggal dunia hingga ke proses pemakaman, untuk itu kita akan mengusulkan penambahan melalui DPRD nantinya," katanya.

Dia mengatakan banyak ditemukan orang yang meninggal dunia tidak memilki identitas yang jelas.

Untuk pemakamannya, katanya, apabila tempat pemakaman umum di Bengkalis penuh akan dipindah ke TPU lainnya.

"Ada beberapa orang yang meninggal tidak diketahui identitasnya, seperti penemuan mayat di bibir pantai Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksama," ujar Martini.