Pemkab Kuansing Terus Gesa Penyelesaian Tapal Batas dengan Pelalawan, Kebanyakan Area Hutan

id pemkab kuansing, terus gesa, penyelesaian tapal, batas dengan, pelalawan kebanyakan, area hutan

Pemkab Kuansing Terus Gesa Penyelesaian Tapal Batas dengan Pelalawan, Kebanyakan Area Hutan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan merampungkan proses penyelesaian tapal batas Kuansing - Pelelawan, setelah melakukan berbagai pembahasan dan pertemuan kedua belah pihak.

"Kami terus menggesa agar prosesnya cepat selesai," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kuantan Singingi Dianto Mampanini melalui Kepala Bagian Pemerintahan Yulizar M di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, Pihak Pemerintah Kuansing dan Pelelawan sudah membahas berbagai hal penting dalam beberapa kali pertemuan, berkaitan dengan tapal batas kedua wilayah, semua berjalan lancar tidak ada kendala, hingga diyakini secepatnya rampung.

Masyarakat diharapkan bersabar untuk menunggu realisasi tapal batas tersebut, jika sudah selesai maka banyak hal perinsip yang akan dilakukan sehingga warga lebih aman, tenang, berakitvitas dengan baik sesuai dengan wilayahnya masing - masing.

" Kami berharap semua pihak ikut mendoakan," sebutnya.

Selama ini tapal batas kedua wilayah lebih besar dibatasi hutan, kesepakatan bersama agar lebih cepat selesai salah satu yang mempermudah proses selama ini, saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik, bahkan dibantu di fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Masyarakat Kuansing berharap tapal batas segera selesai diputuskan, hingga ada ketenangan dalam melakukan aktivitas karena di wilayah perbatasan ada sejumlah lahan warga yang hingga saat ini kedudukan masih belum jelas.

" Kami ingin berusaha dengan tenang, lahan nantinya masuk ke wilayah mana," ujar Yono.

Walaupun sebahagian besar wilayah perbatasan antara Kuansing - Pelelawan lebih banyak hutan baik, hutan lindung maupun Hutan Taman Industri (HTI) namun ada juga warga yang berladang dikawasan tersebut.

Begitu juga dengan masyarakat diwilayah Pelelawan, ada yang masih prihatin terkait kepemilikan lahan, termasuk sebagai warga kabupaten mana jika batas jelas, untuk saat ini masih berada di Pelelawan. ***2***