Buka Pelatihan 75 Anggota Paskibra, Bupati Bengkalis Ingatkan Soal Kedisiplinan

id buka pelatihan, 75 anggota, paskibra bupati, bengkalis ingatkan, soal kedisiplinan

Buka Pelatihan 75 Anggota Paskibra, Bupati Bengkalis Ingatkan Soal Kedisiplinan

Alfisnardo

Bengkalis, (Antarariau.com) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengingatkan para anggota pasukan pengibar bendera meningkatkan kedisiplinan melalui pelatihan dan pembinaan yang mereka jalani selama beberapa waktu ke depan.

"Pembinaan dan pelatihan paskibra merupakan upaya pengembangan potensi muda, khususnya para pelajar, karena mereka merupakan aset terbesar sebagai kontribusi bagi pembangunan dan ujung tombak penerus bangsa," ujar dia saat membuka pelatihan 75 anggota paskibra tingkat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau di Bengkalis, Selasa.

Dia mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari pembentukan karakter, kedisiplinan, dan kemampuan pemuda, khususnya pelajar, agar mampu menjadi pasukan pengibar bendera dengan baik.

Kemampuan yang baik mereka dalam tugas sebagai pengibar bendera, katanya, akan menjadi kebanggaan keluarga, sekolah, dan daerah asal, serta masyarakat luas.

Ia juga mengingatkan mereka untuk selalu siap secara fisik dan mental dalam penggemblengan sebagai anggota paskibra.

"Kesiapan fisik dan mental anggota paskibra akan digembleng pada pelatihan ini sehingga kesigapan dan keterampilan calon paskibra yang akan bertugas di Kabupaten Bengkalis tampil maksimal. Maka dari itu, diperlukan semangat dan niat dari adik-adik untuk mengikutinya dengan sepenuh hati," kata dia.

Amril yang juga mantan Kades Muara Basung itu, mengatakan bahwa menjadi anggota paskibra sebagai kesempatan yang patut disyukuri bersama.

Ia mengatakan banyak nilai positif yang bisa mereka peroleh dari pelatihan sebagai paskibra.

Selain kedisiplinan, katanya, mereka juga akan memperoleh pengalaman untuk bekerja secara tim dan berkoordinasi dengan anggota paskibra lainnya.

"Ini kesempatan baik bagi mereka bahwa paskibra bukan hanya sekadar fisik dan baris berbaris, tapi mereka ditempa secara mental untuk bersatu dalam perbedaan," katanya.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang agama, suku, ras, bahasa, dan budaya.

Ia mengatakan bahwa melalui paskibra, mereka berkumpul untuk menyatukan niat dan langkah dalam rangka mengibarkan Sang Merah Putih, denga penuh hormat, terutama saat peringatan hari kemerdekaan RI mendatang.

Kepala Seksi Penghargaan dan Kemitraan Disbudparpora Pemkab Bengkalis Supriono mengatakan mereka terdiri atas 40 putra dan 35 putri.

Sebagai calon anggota Paskibra 2018 Kabupaten Bengkalis, katanya, mereka telah menjalani seleksi di tingkat kecamatan, sedangkan pembinaan dan pelatihan paskibra dilaksanakan selama satu bulan, mulai 21 Juli hingga 19 Agustus 2018.

"Pada saatnya nanti mereka diharapkan sudah padu menjadi satu kesatuan untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka saat upacara HUT Ke-73 RI di Lapangan Tugu Bengkalis, 17 Agustus mendatang," ujarnya. ***4***

Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar