30 orang di Inhu dilatih kewirausahaan untuk kembangkan usaha

id Bupati buka acara pelatihan,bupati inhu

30  orang di Inhu dilatih kewirausahaan untuk kembangkan usaha

Suasana pelatihan di Ruang Khusus Wisma Happy. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani membuka acara pelatihan kewirausahaan Peningkatan Kapasitas Koperasi (PK2UKM) DAK Non Fisik Angkatan II Tahun 2021 dalam rangka meningkatkan SDM pelaku usaha dan berharap dapat ide baru untuk pengembangan usaha.

Acara yang ditaja oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indragiri Hulu, Senin, di Ruang Khusus Wisma Happy diikuti 30 peserta.

Ketua pelaksana kegiatan pelatihan kewirausahaan Nurjannah mengatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi anggota koperasi itu untuk memberikan pembekalan bagi pelaku usaha sehingga setelah kegiatan ini, peserta dapat mengembangkan usaha dengan baik.

Bahkan, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan SDM, dan dapat tambahan ilmu, wawasan tentang kewirausahaan, tetapi juga peserta dapat menumbuhkan usaha baru.

Karena, segala usaha nantinya, membantu ekonomi keluarga secara optimal sesuai harapan. Untuk itu, pihak panitia menggandeng narasumber dari STIE Indragiri dan Dinas Koperasi Provinsi Riau.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani dalam kesempatan itu mengatakan, apresiasi tinggi atas terselenggaranya program PK2UKM ini, karena akan membuka ide baru, pembekalan bagi pelaku usaha.

"Narasumber akan memberikan wawasan dan motivasi yang dapat membuka peluang peningkatan UKM," katanya.

Ide positip untuk pengembangan usaha kecil dan menengah di daerah sehingga ekonomi masyarakat bertambah baik. Produksi lokal akan semakin dikenal luar hingga keluar Inhu

Untuk mencapainya Pemerintah Daerah (Pemda) akan selalu membantu, bahkan ikut berperan aktip promosi, cari peluang agar UKM Inhu lebih dikenal luas dan siap bersaing.

Apalagi nantinya, Indragiri Hulu menjadi salah satu tujuan wisata, terbuka lintas wilayah dengan berhasilnya pembangunan jalan tol.

"Oleh karena itu, berbagai pelatihan ditaja, untuk membantu pelaku usaha lokal," ucapnya.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan salah satu program Bupati dan Wakil Bupati Junaidi Rachmat lima tahun ke depan. Oleh karena itu, Peserta sebaiknya bersungguh sungguh mengikuti acara ini, agar ilmu ini nantinya dapat bermanfaat.

Bupati juga berharap setelah kegiatan ini akan muncul hasil kerajinan baru, inovasi baru dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

"Potensi besar dalam mengembangkan UKM harus selalu optimal," sebutnya.

Luar biasanya, pada saat acara, Bupati Rezita Meylani sempat berdialog dan diskusi dengan sejumlah peserta, sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah.