KPU Harap Jumlah Partisipasi Pilgubri dan Pilbup Inhil Meningkat Segini

id kpu harap, jumlah partisipasi, pilgubri dan, pilbup inhil, meningkat segini

KPU Harap Jumlah Partisipasi Pilgubri dan Pilbup Inhil Meningkat Segini

Tembilahan, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir, mengharapkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni esok hari meningkat.

"Ya kita berharap tidak bergeser dari angka 75 sampai 100 persen," ucap Komisioner Devisi Logistik KPU Inhil, Joni Suhaidi, usai pemusnahan surat suara rusak di halaman KPU Inhil, Selasa.

Joni mengaku belum dapat memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada esok. Ia menyebutkan jumlah pemilih esok hari dapat dipegaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kondisi cuaca.

Menurutnya, kondisi cuaca esok hari sangat berpengaruh terhadap jumlah pastisipasi pemilih. Cuaca yang buruk semisal hujan, akan menyebabkan masyarakat enggan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) terutama bagi masyarakat yang harus menempuh jarak cukup jauh menuju TPS.

"Ini juga berdasarkan pengalaman sebelumnya. Karena jika hari hujan kehadiran pemilih agak sedikit berkurang. sebaliknya, Jika cuaca bagus maka tidak ada kendala masyarakat untuk mengunjungi TPS," ucapnya.

Meski demikian, Jony mengaku sangat berharap agar tingkat kehadiran pemilih besok bisa meningkat. "Jika ditanya persentase maunya saya ya 100 persen yang hadir," tambahnya.

Sejauh ini, lanjutnya, KPU Inhil juga telah melakukan sejumlah usaha guna memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya memanfaatkan hak suara. Seperti sosialisasi serta upaya lainnya.

Ia kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat Inhil agar memanfaatkan hak suaranya pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) esok baik pemilihan Bupati-Wakil Bupati Inhil maupun pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, karena satu suara akan mempengaruhi hasil pemilu dan menjadi penentu nasib satu daerah 5 tahun kedepan.