Pemko Masih Rahasiakan Nama Calon Dirut RSUD Pekanbaru

id pemko masih, rahasiakan nama, calon dirut, rsud pekanbaru

Pemko Masih Rahasiakan Nama Calon Dirut RSUD Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru segera menunjuk Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pekanbaru, menyusul segera dioperasikannya rumah sakit megah di Jalan Garuda Sakti tersebut.

"Sedang kita siapkan secepatnya," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M. Noer di Pekanbaru, Selasa.

Ia menuturkan penyusunan struktur manajemen RSUD Pekanbaru akan segera dirampungkan setelah seluruh pejabat yang dimutasi oleh Pemerintah Kota selesai dilantik.

M Noer belum bersedia menyebut secara jelas sosok yang akan menjadi pemimpin guna melayani kesehatan masyarakat Pekanbaru tersebut. Meski begitu, dia menuturkan akan diambil dari kalangan internal Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Iya, nanti kita ambil dari internal dinas kesehatan. Kita akan usahakan secepatnya, supaya bisa jalan. Nanti akan dibuat SK (surat keputusan) Walikota," tuturnya.

Sementara saat disinggung terkait kapan rencana pengoperasian RSUD Kota Pekanbaru tersebut, M Noer menargetkan bulan ini juga akan segera dibuka untuk umum.

"Kita rencanakan akhir bulan ini juga. Nanti tinggal menyesuaikan dengan jadwal pak walikota," ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus MT bersama rombongan meninjau RSUD Kota Pekanbaru, di Jalan Garuda Sakti awal Januari 2018 ini.

Firdaus juga mengecek sejumlah ruangan hingga ke lantai 2 hingga ke lantai 4. Namun saat sampai di lantai 2, rombongan Walikota harus gelap-gelapan. Pasalnya instalasi listrik di lantai 2 hingga 4 belum selesai. Sehingga listrik belum menyala.

Selain belum terpasang instalasi listrik, lantai atas itu juga masih kosong. Belum terlihat ada alat kesehatan yang terpasang. Bahkan dibeberapa titik ditemukan genangan air di lantai bangunan RSUD ini. Dibeberapa sudut juga tampak ada plafon yang terlepas dari kedudukannya.

Saat meninjau RSUD Kota Pekanbaru, Firdaus membenarkan masih ada sejumlah fasilitas pendukung yang belum selesai dipasang. Dirinya meminta kepada dinas kesehatan dan dinas pekerjaan umum untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan fisik bangunan sebelum "soft launching" dilakukan.

"Saya minta ini diselesaikan semuanya dalam bulan januari ini juga. Termasuk taman dan akses jalan masuk harus digesa," ujarnya.

Lebih jauh, Firdaus juga menuturkan bahwa RSUD itu harus segera dioperasikan secepatnya sehingga bantuan alat kesehatan yang dijanjikan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dapat diberikan.

Sejauh ini, dikatakan Firdaus sudah ada 91 petugas medis yang siap bekerja di RSUD Kota Pekanbaru. Mereka adalah tenaga medis yang dipinjam dari seluruh Puskemas yang ada di Pekanbaru. Mulai dokter umum hingga dokter spesialis.