Imigrasi Bengkalis Catatkan Jumlah Kunjungan Wisman Mencapai 3.173 Orang

id imigrasi bengkalis, catatkan jumlah, kunjungan wisman, mencapai 3173 orang

Imigrasi Bengkalis Catatkan Jumlah Kunjungan Wisman Mencapai 3.173 Orang

Bengkalis (Antarariau.com) - Kantor Imigrasi Kelas II Bengkalis, Provinsi Riau, mencatat ada 3.173 wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Bengkalis dari Januari hingga Oktober 2017.

Kepala Seksi Pusat Sarana Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Bengkalis Nurhidayat menyebutkan wisatawan mancanegara tersebut didominasi wisman asal Malaysia.

"Tujuan mereka ke Bengkalis ada yang berwisata, ada juga datang berkunjung ke rumah saudara," kata Nurhidayat kepada sejumlah awak media di Bengkalis, Senin.

Dia mengatakan banyaknya wisatawan mancanegara datang ke Bengkalis Negeri Junjungan tersebut pada waktu bulan Juni tepatnya Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Banyak itu waktu lebaran, bulan Juni sekitar 655 orang," katanya.

Adapun secara rinci jumlah wisman ke Bengkalis di antaranya pada bulan Januari 2017 tercatat 312 orang, Februari 194 orang, Maret 388 orang, April 356 orang, Mei 200 orang, Juni 655 orang, Juli 376 orang, Agustus 403 orang, September 227 orang dan Oktober 167 orang.

"Jadi total 3.173 orang, dominannya dari Malaysia," ujarnya lagi.

Menurut dia, selain warga Malaysia, ada beberapa wisatawan asing ini berasal dari Eropa. Para pelancong itu datang berwisata dan ada pula datang berkunjung ke rumah sanak saudara.

Dalam kesempatan itu, Imigrasi Kelas II Bengkalis mengingatkan kepada pengusaha hotel dan sejenisnya untuk melaporkan bila mengetahui keberadaan orang asing di daerah itu.

"Baik penjamin maupun pengusaha perhotelan apabila ada warga negara asing yang menginap wajib lapor ke Imigrasi," tegas Nurhidayat.

Ia menjelaskan guna meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara ke Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar terus meningkatkan wahana wisata yang ada di daerah itu, terlebih lagi di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Pulau Rupat dengan keindahan alam yang eksotis dengan pantai pasir putihnya.

Pantai Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis itu memanjang 13 kilometer dari timur ke barat tepat di tepian Selat Malaka dan berhadapan langsung dengan Port Dickson, Malaysia.