Pemko Dumai Persiapkan Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai MTQ Tingkat Provinsi

id pemko dumai, persiapkan ribuan, pelajar meriahkan, pawai mtq, tingkat provinsi

Pemko Dumai Persiapkan Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai MTQ Tingkat Provinsi

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Dumai menyiapkan seribuan pelajar bergabung dengan ribuan peserta lain untuk meramaikan Pawai Taaruf dalam pembukaan MTQ ke-36 Provinsi Riau, 9 Desember 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Dumai Syaari di Dumai, Senin, menyebutkan pawai taaruf disiapkan sebagai salah satu kegiatan semarak MTQ Riau dengan tuan rumah pelaksana ditunjuk Kota Dumai.

"Ada seribuan pelajar disiapkan jadi peserta pawai taaruf saat pembukaan mtq riau nanti, dan direncanakan ribuan orang dari kabupaten kota juga akan meramaikan kegiatan ini," kata Syaari, Senin.

Pawai taaruf sekaligus mobil hias ini diprediksi bakal ramai karena sejumlah kabupaten kota sudah mempersiapkan diri membawa ribuan orang peserta dan akan dilombakan oleh panitia.

Disdikbud Dumai, lanjutnya, selain menyiapkan massa untuk pawai taaruf, juga bertanggungjawab dalam kegiatan pentas seni dan budaya saat pembukaan MTQ Riau bertema 'Bumikan Alquran Guna Mewujudkan Masyarakat Madani Menuju Kemakmuran Berjiwa Qurani'.

"Rute pawai dimulai dari jalan subrantas menuju sudirman dan berbelok kearah sultan sarif kasim menuju bundaran tugu burung sirindit sekaligus titik finish," sebutnya.

Salah satu disiapkan Disdikbud Dumai untuk semarak pembukaan MTQ Riau XXXVI ini, adalah pementasan drama kolosal melibatkan 300 penari dan pelajar, bercerita soal turunnya wahyu Alquran kepada Nabi Muhammad pada zaman jahiliyah silam.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebut, drama kolosal salah satu unggulan dalam pembukaan MTQ Riau di Taman Lapangan Bukit Gelanggang, direncanakan dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

"Drama kolosal menceritakan bagaimana saat zaman jahiliyah dahulu ke masa kejayaan ditandai turunnya wahyu alquran kepada nabi muhammad," kata Sekda Nasir, Sabtu.

"Sebagai tuan rumah, kita ingin sukses menoreh prestasi dan jadi terbaik sebagai penyelenggara mtq, dan salah satu acara unggulan disiapkan mengisi pembukaan nanti adalah drama kolosal," kata Sekda Nasir baru ini.

Ketua Umum Panitia MTQ Riau ini menambahkan, sejumlah kegiatan semarak MTQ Riau juga disiapkan, misalnya, bazar bagi kontingen 11 kabupaten kota, kemudian pawai taaruf dan mobil hias dengan ribuan peserta.

Kesiapan lain, lanjutnya, panitia terus menggesa kesiapan pembangunan Astaka Utama senilai Rp1,4 miliar di Lapangan Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Subrantas Dumai dan penyiapan 8 venue, penginapan, transportasi serta konsumsi kontingen.