Legislator Riau Pesimis Terhadap Kelanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV

id legislator riau, pesimis terhadap, kelanjutan pembangunan, jembatan siak iv

Legislator Riau Pesimis Terhadap Kelanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV

Pekanbaru (Antarariau.com) - Anggota Komisi IV DPRD Riau Abdul Wahid menyoroti progres kelanjutan pembangunan jembatan Siak IV baru mencapai satu persen, padahal target pembangunan dicanangkan tuntas pada 2018.

"Ini sudah mau akhir tahun, tapi progres pembangunannya sangat kecil sekali, baru satu persen. Saya tak yakin ini akan tekejar dan selesai pada 2018 mendatang," ujar Abdul Wahid di Pekanbaru, Selasa.

Padahal, pihak Badan anggaran DPRD Riau sudah mengucurkan dana sebesar Rp60 miliar untuk kelanjutan pembangunan Jembatan tersebut, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017. Sisanya tahun depan, kembali dianggarkan Rp60 miliar untuk menuntaskam proyek infrastruktur tersebut.

"Kita (DPRD Riau) selalu siap untuk menganggarkan sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menggesa pengerjaannya. Ini komitmen agar segera tuntas," ujar Legislator asal Kabupaten Indragiri Hilir itu.

Ia mengkritisi sikap kontraktor yang dianggapnya mengerjakan sesuatu yang tidak penting. Dari pantauannya di lapangan, terlihat para pekerja mendahulukan pengerjaan dibagian bawah jembatan yakni akses jalan menuju Jembatan Siak IV.

"Seharusnya yang dikerjakan itu bukan akses jalan, saya rasa kalau akses jalan sifatnya bisa bersamaan dengan mengerjakan yang lain. Misalnya, cor pylon, masang kabel, yang sifatnya penyangga jembatan," jelasnya.

Selain itu, ujar Abdul Wahid, masih minimnya realisasi pembangunan fisik jembatan tersebut dikarenakan keterlambatan dilaksanakannya lelang oleh PUPR.

Komisi IV DPRD Riau yang membidangi infrastruktur merencanakan akan meninjau langsung pembangunan Jembatan Siak IV ini. "Kita akan sidak kesana dalam waktu dekat ini, Desember nanti," ujar Politisi PKB Riau itu pula.

Untuk diketahui, sesuai dengan MoU atau nota kesepahaman yang sudah ditandatangani sejak awal. Kelanjutan pembangunan siak IV ditargetkan 16 bulan, saat ini tersisa 14 bulan lagi pengerjaannya, sementara hingga akhir 2018 pembangunan jembatan tersebut sudah harus tuntas.