Rasio Elektrifikasi Riau Di Klaim Telah Mencapai 86 Persen

id rasio elektrifikasi, riau di, klaim telah, mencapai 86 persen

Rasio Elektrifikasi Riau Di Klaim Telah Mencapai 86 Persen

Siak (Antarariau.com) - General Manager PLN Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau (WRKR) Irwansyah Putra menyebutkan, rasio elektrifikasi (RE) Provinsi Riau hingga Oktober 2017 ini sudah mencapai 86,7 persen.

"Dengan bertambahnya pengaliran listrik di 13 desa Provinsi Riau hari ini, maka jumlah desa yang berlistrik menjadi 1.606 desa dari 1.835 total desa keseluruhan. Sehingga RE Riau menjadi 86,7 persen," kata GM PLN WRKR Irwansyah Putra saat peresmian pengoperasian listrik di Kuala Gasip, Kabupaten Siak, Jumat.

Dia mengatakan, RE Provinsi Riau akan terus dikejar hingga mencapai 91,58 persen di akhir tahun 2017 dan tercapai 100 persen pada tahun 2019.

Dia menyampaikan, dalam membangun infrastruktur listrik desa di Provinsi Riau, PLN menemui adanya beberapa kendala, seperti kondisi geografis terutama akses jalan menuju kampung belum belum bisa dilewati kendaraan pangangkut material jaringan listrik, sehingga diangkut melewati sungai.

"Disamping itu juga masih ada warga yang belum rela pohon-pohonnya ditebang agar jaringan listrik PLN bisa melewatinya," kata dia pula.

Ditambah lagi banyaknya tanah gambut yang harus dilewati, sehingga disaat memasang tiang listrik perlu waktu untuk membuat pondasi di lahan gambut tersebut agar tidak amblas. Serta masih ada pelanggan yang tidak mau menggunakan meter listrik prabayar saat mendaftar sebagai calon pelangan.

"Meski banyak kendala yang PLN jumpai tidak menyurutkan niat kami untuk menyelesaikan pembangunan listrik desa yang masih ada sekitar 250 desa lagi di Provinsi Riau," ungkap Irwansyah.

Dia juga menyebutkan, pada Hari Listrik Nasional ke-72 ini, PLN mempersembahkan bukti nyata kerja bersama dan komitmen perusahaan listrik bagi masyarakat Riau berupa penyalaan listrik secara serentak di 13 desa yang tersebar di enam kabupaten/kota Provinsi Riau.

"Sebagai wujud kerja nyata terangi negeri, PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mempersembahkan Infrastruktur keteganalistrikan yang terpasang di 13 desa berupa jaringan tegangan Menengah, trafo distribusi, jaringan tegangan rendah yang telah lolos uji sertifikasi operasi dari Direktorat Jendral Ketenagalistrikan," kata dia pula.

Sehingga siap untuk dialiri listrik agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan dalam meningkatkan taraf hidup, mencerdaskan warga, dan mendorong tumbuhnya usaha baru khususnya di 13 desa Provinsi Riau.