Riau Gesa Rasio Elektrifikasi Capai 100 Persen

id riau gesa, rasio elektrifikasi, capai 100 persen

Riau Gesa Rasio Elektrifikasi Capai 100 Persen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Riau terus menggesa rasio elektrifikasi provinsi setempat agar bisa mencapai 100 persen paling lambat pada 2020 dimana saat ini baru mencapai 90an persen.

"Paling lambat 2020 sudah 100 persen, saat ini kita sudah 90 sekian. Yang masih rendah di Kabupaten Indragiri Hilir masih 70 persen. Kalau di Pekanbaru sudah 100 dan Kuantan Singingi mungkin sudah 99 persen," kata Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Lukman Agus di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan, masih rendah rasio di Inhil karena wilayahnya yang banyak sungai sehingga sulit dijangkau Perusahaan Listrik Negara. Namun, kata dia saat ini tentu PLN sudah punya teknologi baru agar bisa menjangkau dan mengaliri listrik.

Selain itu, lanjut dia, PLN dalam memberikan listrik juga memperhitungkan aspek ekonomis suatu area. Jika daerah tersebut nilai efisiensinya masih rendah dibanding pelanggannya, ini juga jadi perhatian hitungan.

Meski begitu menjelang listrik terfasilitasi oleh PLN, Dinas ESDM Riau mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat dengan alternatif lain. Seperti memberikan Genset ataupun alternatif energi baru terbarukan seperti Solar Cell dan pemanfaatan limbah sawit.

"Program kita mengarah pada pola energi baru terbarukan. Seperti di Rokan Hulu sumbernya ada dari kembah sawit," katanya

Namun demikian dalam perjalanannya program seperti sumber limbah sawit itu juga terkendala pasokan minyak nabati. Selain itu kadang setelah datang listrik dari PLN, itu tak ada lagi penanganannya karena lebih mahal.