PLN Dumai Alihkan Pemadaman Ke Perusahaan

id pln dumai, alihkan pemadaman, ke perusahaan

Dumai, 24/5 (ANTARA) - PT PLN (Persero) Cabang Dumai malakukan pengalihan pemadaman listrik bergilir ke sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai, Riau guna menghindari kekecewaan warga.

Kepala Cabang PLN Dumai, Rasyid mengatakan di Dumai Senin, tidak ada pemetaan pemadaman bergilir di Kota Dumai, sebagaimana diberlakukan di beberapa kabupaten/kota seperti Bengkalis, Bagansiapiapi dan Selat Panjang.

Ketiga Kabupaten tersebut merupakan interkoneksi dalam tiga sistem yang dibawahi PLN Cabang Dumai.

Di tempat terpisah, Sekretariat PLN Cabang Dumai Arifin mengatakan, jika sebenarnya untuk Kota Dumai sendiri sejauh ini mengalami defisit daya sebesar 8 Mega Watt (MW).

"Namun untuk menjaga agar defisit tersebut tidak mengakibatkan pemadaman terhadap pelanggan-pelanggan PLN, khususnya pelanggan rumah tangga, PLN melakukan pengalihan pemadaman ke sejumlah perusahaan," terangnya.

Hal ini, menurutnya juga mengingat di Kota Dumai banyak terdapat perusahaan yang beroperasi dengan penghasilan yang tidak sedikit yang pada umumnya perusahan-perusahaan tersebut mempunyai pembangkit sendiri.

"Hal itu kami lakukan untuk kepuasan pelanggan rumah tangga terutama menengah ke bawah. Sesuai dengan visi misi PLN adalah perusahaan milik negara yang sudah wajib memprioritaskan pelanggan menengah ke bawah," ucapnya.

Defisit daya sebesar 8 MW yang disebabkan kurangnya pasokan dan semakin bertambahnya jumlah pelanngan PLN di Kota Dumai merupakan defisit terbesar yang dapat memadamkan separuh fasilitas kota atau sedikitnya memutuskan 8.000 pelanggan rumahtangga.

Hal tersebut seperti yang dikalkulasi Arifin, setiap 1 MW dapat melayani 1.000 pelanggan.

"Ke depan, kita berharap ada penempatan dana untuk membangun sistem pembangkit lokal yang tidak berada pada sistem interkoneksi agar pasokan listrik di Kota Dumai dapat terpenuhi seratus persen," katanya.