Disnakertransduk Riau Penuhi Tuntutan Massa Seribuan Buruh KSBSI, Ini Rinciannya

id disnakertransduk riau, penuhi tuntutan, massa seribuan, buruh ksbsi, ini rinciannya

Disnakertransduk Riau Penuhi Tuntutan Massa Seribuan Buruh KSBSI, Ini Rinciannya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau memenuhi beberapa tuntutan aksi massa demonstran yang diklaimnya berjumlah seribuan buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Riau versi Mudofir.

"Kita sudah mediasi melakukan pertemuan di sini dengan perwakilan 10 Anggota KSBSI. Ada hal krusial yang disepakati seperti terkait tuntutan terhadap sebuah perusahan di Siak," kata Kepala Disnakertransduk Riau, Rasidin Siregar di Pekanbaru, Selasa.

Berdasarkan tuntutan KSBSI, perusahaan itu dinilai mengintervensi buruh yang akan membuat serikat pekerja. Hal itu ditandai dengan adanya Pemutusan Hubungan Kerja terhadap 44 pekerja.

Untuk itu, kadis mengatakan akan menurunkan petugas pengawasan untuk pemeriksaan intensif perusahaan tersebut. Bukan tidak mungkin, kata dia, akan dibawa ke pengadilan karena ada tekanan dari pengusaha.

Selanjutnya terkait penerapan skala upah berlaku, dikatakannya akan berlaku pada Oktiber nanti. Jadi kenaikan uoah tidak akan sama bagi semua pekerja dan akan merujuk pada senioritas atau lama bekerja.

Kemudian terkait disinyalir adanya buruh harian lepas di perusahaan perkebunan. Menurut kadis itu ada batasannya yakni tidak lebih dari tiga bulan harus sudah jadi pekerja.

Hal krusial lainnya menyangkut eksistensi KSBSI yang mengalami dualisme kepengurusan pusat hingga daerah. Dimana satu lagi adalah KSBSI versi Muktar Pakpahan.

Diketahui KSBSI Muktar Pakpahan tekah memenangkan sengketa hingga Mahkamah Agung sehingga sering dituding KSBSI versi Mudofir ilegal. Dinsnakertransduk selanjutnya akan meminta penegasan kepada Kementrian Tenaga Kerja terkait mana yang resmi.

"Namun di Riau kita tetap mengakomodir sepanjang memenuhi ketentuan. Yakni menggunakan logo dan tri dharma yang berbeda dengan KSBSI versi Muktar Pakpahan," ungkap kadis.

Setelah dipenuhi tuntutan itu, massa membubarkan diri. Sebelumnya massa ini melakukan aksi demonstrasi lalu diundang perwakilan berdialog. Selama empat jam lebih perwakilan berdialog, sedangkan massa menghibur diri dengan panggung musik di atas mobil pengangkut.