Polres Dumai Gelar Aksi Sosial Pemeriksaan Kesehatan Korban Banjir

id polres dumai, gelar aksi, sosial pemeriksaan, kesehatan korban banjir

Polres Dumai Gelar Aksi Sosial Pemeriksaan Kesehatan Korban Banjir

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Warga korban banjir di Jalan Garuda Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Provinsi Riau mendapat pemeriksaan kesehatan gratis dari tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara dan Polres setempat, Jumat.

Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting mengatakan, kegiatan bakti sosial cek kesehatan ini diperuntukkan bagi warga korban banjir yang sebagian masih berada di tenda penampungan.

"Karena banjir mulai surut, kita antisipasi munculnya penyakit seperti demam, flu, gatal gatal, diare untuk warga dengan pengobatan gratis dan pemberian vitamin," kata kapolres.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kepeduliaan Polres Dumai kepada warga yang sedang tertimpa musibah dan membantu mengurangi beban penderitaan korban.

Tim dokter RS Bhayangkara Dumai, dokter Carolina mengatakan hasil pemeriksaan diketahui sejumlah penyakit mulai menyerang warga, dan sebagian besar akibat lingkungan tidak sehat dan kotor karena tidak ada akses air bersih.

"Warga mulai merasakan sakit seperti sakit kulit, maag, sariawan hingga flu dan batuk, bahkan bayi dan balita juga terkena serangan penyakit akibat lingkungan tidak higienis pascabanjir," sebut dokter Carolina kepada pers.

Korban banjir yang mulai mengidap sakit ini kemudian diberi obatan dan vitamin, kemudian disarankan segera berkunjung ke fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Pemantauan, pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan menggunakan fasilitas mobil RS Bhayangkara yang disiagakan dekat tenda darurat di Jalan Garuda, untuk orang dewasa, bayi dan balita serta ibu hamil.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Dumai tengah berupaya melobi pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran kegiatan normalisasi sungai untuk mengantisipasi luapan air ke daratan yang merendam permukiman dan lingkungan warga akibat hujan maupun ketika pasang air laut.

"Persoalan sungai sebenarnya tanggung jawab pusat dan kita sudah sampaikan kondisi di Dumai agar anggaran tersedia bisa turun ke daerah untuk mengatasi persoalan banjir," kata Wali Kota Zulkifli As.