TNI Rohul Bantu Masyarakat Wujudkan Swasembada Pangan

id tni rohul, bantu masyarakat, wujudkan swasembada pangan

TNI Rohul Bantu Masyarakat Wujudkan Swasembada Pangan

Pasir Pangaraian (Antarariau.com) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Koramil 11/ Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, Riau, membantu masyarakat Sei. Kumango memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada Kelompok Tani Kuala Tambusai menuju swassembada pangan di wilayah setempat.

"Keikutsertaan TNI AD dalam hal membangun swasembada pangan akan terus dilakukan secara berkesinambungan khususnya diwilayah Kodim 0313/ Kampar," kata Babinsa Koramil 11/ Tambusai Kopda Syahrizal Nasution di Desa Sei Kumango Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu lewat surat elektroniknya, Selasa.

Kegiatan tersebut merupakan upaya dalam mewujudkan swasembada pangan di daerah dan pihaknya terus melakukan pemantauan serta pendampingan bagi petani dalam proses pertanian. Mulai dari pengolahan lahan hingga tanam dan panen.

Apalagi sejak kebijakan nasional untuk swasembada pangan dengan program Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale), TNI terus mendorong petani di daerah untuk bertanam.

"Pajale merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok, yang sangat penting sebagai kebutuhan pangan, pakan, dan industri dalam negeri dimana setiap tahunnya kebutuhan akan komoditas tersebut selalu meningkat," terangnya.

Selanjutnya seiring dengan lajunya jumlah pertumbuhan penduduk, dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga ketahanan pangan nasional menjadi sangat penting dan strategis.

"Cukup banyak faktor yang dapat memengaruhi hasil produksi pertanian. Salah satunya dengan cara melakukan pendampingan dan pengawalan," tegasnya.

Lewat momen ini Danramil 11/ Tambusai Kapten Inf Yuhardi mengharapkan keikutsertaan TNI-AD dalam kegiatan ketahanan pangan dapat membantu para petani menambah produksi panen.

"Disamping itu dapat lebih mengeratkan lagi hubungan TNI khususnya para Babinsa dengan masyarakat di desa binaannya guna mewujudkan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat diwilayah Koramil 11/ Tambusai," harapnya.

Ditempat yang sama Ketua Kelompok Tani Kuala Tambusai Abdul Haris, juga menyatakan ucapan terimakasih atas bantuan TNI. Ia mewakili petani berharap melalui pendampingan tersebut para Babinsa dapat memberikan arahan kepada para petani tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik agar hasil produksi pertanian dapat meningkat dari sebelumnya.