TNI Dampingi Petani Rohul Menuju Swasembada Pangan

id Petani,Beras,TNI bantu petani

TNI Dampingi Petani Rohul Menuju Swasembada Pangan

TNI Dampingi Petani Rohul Menuju Swasembada Pangan (Antaranews)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Prajurit TNI AD dari satuan Komando Rayon Militer 02 Rambah Komando Distrik Militer 0313/KPR mendampingi petani di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dalam upaya meningkatkan hasil pertanian sehingga terwujud swasembada pangan.

"Kami selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional di wilayah desa binaan kami," kata Anggota Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery di Pekanbaru, Jumat.

Dedy yang juga bertugas sebagai Bintara Pembina Desa tersebut mengatakan hal tersebut disela-sela kegiatan panen raya 26 hektare tanaman padi varietas Gogo.

Kegiatan panen raya bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Rimbo Hapar, Desa Suka Maju, Rambah, Rokan Hulu ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan petani bersama dengan TNI.

Baca juga: Pengamat: Petani Riau Alihfungsikan Lahan Sawit Dengan Padi

Sepanjang masa penanaman, ia menjelaskan bahwa TNI selalu berupaya melakukan koordinasi kepada petani dan dinas terkait dalam mensukseskan kegiatan ketahanan pangan yang ada di daerah teritorialnya.

"Kami siap kapanpun saat dibutuhkan," ujarnya.

Hasilnya, padi varietas Gogo dapat tumbuh subur dan menguning untuk kemudian dipanen bersama. Dalam kegiatan panen ini, Dedy menuturkan pihaknya turut mengajak anggota Polri turun bersama masyarakat.

Menurut dia, TNI dan Polri memiliki tugas pokok masing-masing. Namun, dengan sinergitas antara TNI dan Polri diharapkan dapat saling mengisi kekurangan dalam melindungi dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga ketahanan pangan berhasil diwujudkan.

Sementara itu, Kepala Penyuluh Pertanian Kecamatan Rambah, Pujihadi bersyukur dengan keterlibatan aparat dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dan menciptakan swasembada pangan. Selain itu, dia juga berharap petani dapat menambah luas lahan tanaman padi sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal dikemudian hari.

"Harapan kami kepada petani, kedepan kiranya dapat menambah luas lahan padi gogo untuk penananam selanjutnya," tuturnya.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI mengajak keterlibatan TNI sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian masyarakat. Babinsa yang menjadi ujung tombak TNI memiliki peran sentral untuk memberikan pendampingan.

Baca juga: BPS: Petani Riau masih defisit

Baca juga: Petani Meranti Dapat Bantuan 28 Traktor Tangan, TNI Bantu Menyerahkan