TNI Bantu Rohul Panen Padi 60 Hektare

id tni, bantu rohul, panen padi, 60 hektare

 TNI Bantu Rohul Panen Padi 60 Hektare

Pasir Pangaraian, (Antarariau.com) - Anggota TNI yang tergabung dalam Koramil 02 Rambah Kodim 0313/Kampar membantu petani Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan panen raya padi pada luasan lahan 60 hektare di musim tanam tahun ini.

"Ini bagian dari program menggiatkan upaya khusus (Upsus) menuju swasembada pangan dan memaksimalkan serapan gabah (Sergap) petani di wilayah teritorial setempat," kata Danramil 02/Rambah, Kapten Arm Alza Septendi melalui surat elektroniknya di Pasir Pangaraian, Jumat.

Kapten Arm Alza Septendi menjelaskan anggota Koramil 02/Rambah sejak awal penanaman padi hingga panen selalu melaksanakan pendampingan bagi petani Rohul.

Khususnya dalam kegiatan panen padi di lahan seluas 60 Ha di Desa Pasir Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

"Kami selalu proaktif melaksanakan pendampingan kepada petani. Mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen tiba," bebernya.

Selanjutnya sampainya di masa tanam ini, dalam rangka mendukung program swasembada pangan pihaknya tidak boleh lengah dan tetap harus semangat sebagai motivator kepada para petani untuk menjadi contoh dalam menyukseskan program pajale khususnya tanaman padi.

"Kita harus memberikan contoh yang baik agar masyarakat petani ikut dan menjadi bertambah bersemangat," tegasnya pula.

Ia menambahkan dengan pendampingan diharapkan hasil panen padi lebih baik produksi maupun produktivitasnya bagus sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari PPL maupun Babinsa.

Disisi lain salah satu pertani Zainul mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota TNl yang telah membantu kegiatan tanam hingga panen ini.

Setia mendampingi para petani mulai dari awal pengolahan sampai dengan panen.

"Saya sangat senang dengan kehadiran anggota TNI di desa kami yang selalu membantu para petani maupun masyarakat dan tidak pernah mengeluh," kata Zainul.

Panen kali ini petani juga dibantu oleh alat pertanian jenis "Combine Harvester" guna mempercepat pengerjaan.