TNI Rohul Adakan Sayembara Menangkap Pembakar Lahan, Hadiahnya Rp2 Juta

id tni rohul, adakan sayembara, menangkap pembakar, lahan hadiahnya, rp2 juta

TNI Rohul Adakan Sayembara Menangkap Pembakar Lahan, Hadiahnya Rp2 Juta

Rohul, (Antarariau.com) - Jajaran TNI di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, memiliki cara unik untuk menangkap pelaku kebakaran lahan dan hutan, yakni dengan menyebarkan sayembara berisikan hadiah sejumlah Rp2 juta bagi masyarakat yang menemukan pelaku dan barang bukti.

"Selebaran sayembara ini ditempel pada setiap pos ronda diseluruh wilayah Rohul," ungkap Komandan Rayon Militer 02 Rambah, Kapten Arm Alza Septendi, di Rohul, Rabu.

Kapten Arm Alza Septendi, menjelaskan, selain melakukan patroli rutin pemantauan karlahut, tim gabungan juga menyebar selebaran sayembara di setiap pos ronda.

Isi sayembara itu, Dandim menjanjikan bagi masyarakat yang bisa menangkap pelaku pembakar lahan dan hutan beserta barang buktinya maka akan diberikan hadiah sebesar Rp2 juta.

"Selebaran kertas isi sayembara Dandim 0313/KPR, tolong di berikan kepada Tamrin," sebut Danramil 02 sambil memberikan kertas sayembara tersebut kepada Herman warga setempat.

Sayembara berhadiah bagi warga yang berhasil menangkap pelaku karlahut, merupakan strategi Dandim 0313 KPR, untuk mencegah terjadinya karlahut di wilayah teritorialnya.

"Diharapkan dengan sayembara ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk bersama-sama TNI dan Polri mengawasi aksi pembakaran lahan. Tidak hanya itu, dengan adanya sayembara ini, diharapkan para pembakar lahan tidak berani untuk melakukan aksinya, karena seluruh masyarakat melakukan pengawasan.

Melakukan berbagai strategi dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dipandang perlu mengingat budaya membakar dalam masyarakat yang turun temurun tidak bisa dihapus seketika.

Dengan penangkapan dan dukungan orang disekitar menangkap pelakunya. Maka diharapkan efek jeranya akan lebih bermanfaat.

"Walau patroli gabungan tetap dilakukan," tegasnya.

Pasukan gabungan TNI Polri tersebut menyusuri setiap jengkal wilayah

Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu untuk melakukan pemantauan, memberikan penyadaran, serta upaya responsif dalam pencegahan Karlahut.

"Kita laksanakan patroli ini, untuk mencari dan menangkap siapa saja pelaku pembakar lahan dan Hutan,"pungkas Danramil.