TNI Rohul Dan Masyarakat Setempat Panen Bersama Lima Hektare Jagung

id tni rohul, dan masyarakat, setempat panen, bersama lima, hektare jagung

TNI Rohul Dan Masyarakat Setempat Panen Bersama Lima Hektare Jagung

Pasirpangaraian (Antarariau.com) - TNI yang tergabung dalam Koramil 02 Rambah dan Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hulu melakukan panen jagung manis pada lahan seluas lima hektare.

"Panen jagung ini merupakan hasil tanam para petani yang dilakukan beberapa bulan lalu. Tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh petani," kata Koramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi lewat surat elektroniknya kepada antara, Jumat.

Menurut Kapten Arm Alza Septendi dalam musim tanam kali ini pertanian masyarakat Rohul tidak mengalami kendala sama sekali, karena curah hujan yang cukup, dukungan bibit unggul serta pupuk dari Dinas Pertanian setempat.

"Sehingga hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Lahan pertanian di wilayah Teritorial kita khususnya di Kecamatan Rambah sudah ditanami jagung manis seluas 15 Ha," urainya.

Selanjutnya sebut dia yang sudah menghasilkan belum semua.

"Kita panen saat ini hanya seluas 5 Ha," ucapnya lagi.

Proses penanaman jagung manis ini masih menurut Alza, dalam rangka membantu pemerintah guna program swasembada pangan.

Ia menambahkan, kegiatan pendampingan panen jagung ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah binaannya desanya untuk memotivasi para petani, agar terus bersemangat menanam padi dan jagung.

"Itu lah makanya Babinsa selalu kita tekankan untuk mengecek dan mendampingi prongram ini", imbuhnya.

Dengan adanya pendampingan dari TNI para Babinsa, hasil panen di daerah teritorialnya bagus sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

"Kalau kita lihat dari pantauan di lapangan dimana sudah kita laksanakan panen jagung manis sebanyak 5 Ha mendapatkan hasil 5.440 tongkol per hektare," tutupnya.

Sementara itu, salah seorang petani Sukardi mengaku, masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani.

"Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat", tutur sukardi.

Lanjutnya mereka berharap hal ini terus dilakukan oleh para Babinsa sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.