Disbun Indragiri Hilir miliki Kelompok Peduli Api

id disbun indragiri, hilir miliki, kelompok peduli api

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir saat ini telah memiliki kelompok tani peduli api yang dibentuk di daerah rawan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

"Kelompok tani peduli api ini ada sebanyak tiga kelompok dan bertugas membantu memantau atau memadamkan api di lahan perkebunan yang ada di kawasannya," kata Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ramdani di Tembilahan, Senin.

Ia mengatakan bahwa kelompok tani peduli api ini berada di Kecamatan Tempuling, Kempas dan Kecamatan Keritang.

"Namun, kedepan semoga ada kelompok tani di kecamatan lain yang juga terbentuk sebagai kelompok tani peduli api," ujarnya.

Ia mengatakan untuk mengatasi permasalahan Karlahut yang setiap tahunnya terjadi tidak hanya bisa di bebankan kepada pemerintah.

"Semua pihak harus terkoordinasi, tidak terkecuali petani atau masyarakat," paparnya.

Ia menjelaskan sarana/prasarana berupa pakaian serta alat perlengkapan memadamkan kebakaran yang dibutuhkan oleh kelompok tani peduli api ini juga telah dilengkapi dan dana pengadaan perlengkapan itu di bantu dari dana APBN melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

"Disamping itu, kelompok tani peduli api ini juga dapat memberikan pemahaman kepada kelompok tani yang lain untuk tidak lagi melakukan pembakaran lahan atau membersihkan kebun dengan cara membakar," katanya. (ADV)