Disbun Indragiri Hilir Sosialisasikan Manfaat Lahan Tidur

id disbun indragiri, hilir sosialisasikan, manfaat lahan tidur

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, menggelar sosialisasi kepada kelompok tani dan masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan lahan tidur menjadi perkebunan sagu rakyat.

"Lahan tidur ini terletak di Sungai Lalak Kelurahan Teluk Pinang," kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir, melalui Kasi perluasan areal, Jawardin, di Tembilahan, Senin.

Dia menjelaskan bahwa struktur lahan yang ada di daerah Sungai Lalak sangat berpotensi untuk pengembangan perkebunan sagu rakyat.

"Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur seluas 25 hektare tersebut," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Hal ini merupakan salah satu upaya yang tengah dilakukan untuk pemanfaatan lahan tidur menjadi areal perkebunan tanaman sagu.

"Kegiatan ini nantinya akan dibantu oleh pemerintah kabupaten dengan menggunakan dana APBD 2015," ungkapnya.

Dia mengungkapkan bahwa dilihat dari kondisi lahan yang ada di Sungai Lalak, lahan tersebut sangat cocok untuk dimanfaatkan menjadi perkebunan sagu.

"Kami harus bisa memanfaatkan lahan tersebut sebaik-baiknya," ucapnya.

Ketua Kelompok Tani Maju Jaya, Marjani, menyambut baik sosialisasi ini, dan dia berharap apa yang telah disampaikan oleh pihak dinas perkebunan dapat menjadi pedoman dan dapat dilaksanakan oleh kelompok tani Maju Jaya, Kelurahan Teluk Pinang. (Adv)