Ratusan Personil Kodim 0301 Pekanbaru Gelar Apel Persiapan Pilkada 2017

id ratusan personil, kodim 0301, pekanbaru gelar, apel persiapan, pilkada 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sejumlah 150 prajurit Kodim 0301 Pekanbaru melaksanakan Apel Operasi Mantap Praja Siak 2017 dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun depan.

"Apel pengamanan ini bertempat di lapangan Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru," kata Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Infanteri Tunjung Setyabudi di Pekanbaru, Selasa.

Letkol Infanteri Tunjung Setyabudi, menjelaskan apel ini diikuti personel dari Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru dan Instansi terkait diantaranya TNI, POLRI dan Satpol- PP.

Letkol Infanteri Tunjung Setyabudi menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar pelaksanaan pilkada di Kota Pekanbaru dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Saya yakin masyarakat Pekanbaru terkenal dengan santun, berbudaya, ramah, semoga menjunjung tinggi kelancaran pelaksanaan pemilihan nantinya," harapnya.

Proses tahapan Pilkada Pekanbaru 2017 sejak 28 Oktober memasuki kampanye. Selain itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mulai menyediakan Alat Peraga Kampanye (APK).

Ketua KPU Pekanbaru, Amiruddin Sijaya mengatakan pihaknya menyediakan baliho ukuran 4 x 7 meter paling banyak lima buah dalam satu kota untuk masing- masing pasangan calon.

Kalau pasangannya empat maka ada 25 yang dipasang baliho. Kemudian umbul-umbul disediakan 20 buah untuk satu pasangan calon di dalam satu kecamatan yang berukuran 5 x 1,15 meter.

Untuk spanduk akan ada dua buah di satu kelurahan bagi tiap pasangan calon dengan ukuran 1,5 x 7 meter.

Ada juga bahan sosialisasi atau bahan kampanye seperti pamflet, poster, brosur, selebaran. Itu paling banyak bisa diadakan berdasarkan jumlah Kepala Keluarga yang ada di Pekanbaru diperkirakan 300 ribu KK.

Selain KPU yang menyediakan alat peraga kampanye, pasangan calon juga bisa memasangnya. Syaratnya maksimal 150 persen banyaknya dibanding yang disediakan.