Kodim 0303/Bengkalis Gelar Sosialisasi Tanam Padi Serentak

id kodim 0303bengkalis, gelar sosialisasi, tanam padi serentak

Kodim 0303/Bengkalis Gelar Sosialisasi Tanam Padi Serentak

Meranti (Antarariau.com) - Tentara Nasional Indonesia melalui Kodim 0303/Bengkalis memotivasi gerakan tanam padi secara serentak di Desa Topang, Tebingtinggi Timur, Kepuluan Meranti, Riau guna menyukseskan program swasembada pangan di daerah setempat.

"Ini upaya meningkatkan pertanian melalui kerjasama Kementerian Pertanian dan TNI," kata Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letnan Kolonel Infanteri Rizal Faizal usai persiapan pelaksanaan gerakan tanam padi serentak di Desa Topang Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Kamis.

Program bersama ini sudah dilakukan juga sebelumnya dalam bentuk kegiatan cetak sawah guna pencapaian program ketahanan pangan.

Menurut dia di beberapa daerah program tersebut berhasil dilaksanakan demikian pula dengan Kabupaten Kepuluan Meranti yang telah mencetak sawah siap tanam.

Dalam program cetak sawah tersebut, Kodim sebagai motivator dan membantu Dinas Pertanian sebagai satuan kewilayahan serta membantu kelancaran pelaksanaan program CSB, sedangkan pelaksana lapangan adalah Detasemen Zeni Bangunan.

Disebutkan Letkol Rizal lagi, Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan wilayah teritorial Kodim 0303/Bengkalis telah berhasil mencetak sawah siap tanam seluas 950 Ha.

"Pada Oktober 2016 ini seluruh areal cetak sawah tersebut ditargetkan sudah selesai ditanam dengan benih padi yang bersertifikasi," tegasnya.

Dia merincikan lokasi cetak sawah di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat pada lima kecamatan seperti Pulau Merbau, Merbau, Rangsang, Rangsang Pesisir, Rangsang Barat dan Tebing Tinggi Timur yang tersebar di 15 desa.

"Semoga program mulia ini mendapat Ridho dari Allah dan didukung seluruh masyarakat sehingga terwujud ketahanan pangan yang menjadi cita-cita kita semua," kata dia menambahkan.