Memasuki Low Season, Sejumlah Maskapai Berlakukan Kebijakan Khusus

id memasuki low, season sejumlah, maskapai berlakukan, kebijakan khusus

Memasuki Low Season, Sejumlah Maskapai Berlakukan Kebijakan Khusus

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komite Operator Penerbangan (AOC) Pekanbaru menyatakan maskapai penerbangan mulai masuk "low season" atau musim sepi penumpang, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sehingga sebagian besar operator memberikan harga tiket murah kepada calon penumpang.

"Teman-teman (maskapai) di sini sih, tidak ada terlalu signifikan untuk penumpang. Karena operasionalnya, sudah mulai low season," papar Ketua Komite AOC Pekanbaru, Wahyu Wijanarko di Pekanbaru, Senin.

Di saat seperti itu, ia mengutarakan, maka suatu hal yang lumrah, jika operator penerbangan mengurangi frekuensi terbang sesuai jadwal telah ditentukan sebelumnya terutama untuk rute-rute primadona seperti Pekanbaru-Jakarta pergi pulang.

Alasan utama operator mengurangi atau bahkan sampai meniadakan penerbangan di bandara setempat baik rute domestik dan rute internasional adalah masalah seat load factor atau tingkat keterisian penumpang dalam setiap kali terbang.

Sebab, katanya, penumpang pesawat telah melalui masa libur panjang di mulai libur anak sekolah, kuliah dan cuti kerja akibat perayaan bagi umat muslim yakni Lebaran yang jatuh pada tanggal 6 Juli 2016.

"Jadi ada kalau sekarang ini cancel (batal) sudah biasa seperti Xpress Air flight-nya (penerbangan) rute Pekanbaru-Malaka, tapi tidak terdapat masalah signifikan dari maskapi itu. Lalu Lion Air rute Pekanbaru-Jakarta cancel dua flight setiap hari," ucapnya.

Wahyu berujar, pihaknya memprediksi terjadi penurunan jumlah penumpang pesawat terutama rute gemuk seperti Pekanbaru-Jakarta pergi pulang karena tujuan tersebut paling banyak operator transportasi udara melayani baik jumlah maskapai atau frekuensi terbang.

"Kalau penumpang khususnya ke Jakarta, itu alami devisiasi sampai 50 persen. Tetapi, rute lain sekitar 20 sampai 30 persen lah. Kondisi itu tercermin dari Lion yang cancel flight, lalu diikuti Garuda, Citilink untuk malam cancel," terangnya.

Wendy Yolanda Pasaribu, perwakilan Paten Tour and Travel di Pekanbaru menjelaskan, rata-rata maskapai di daerah tersebut membuka harga tiket di kelas murah dengan memberlakukan harga promosi pada setiap perjalanan baik domestik dan internasional.

Dia mengatakan, seperti maskapai Lion Air untuk penerbangan esok rute Pekanbaru-Jakarta dibuka pada harga Rp423.000 per orang, lalu Pekanbaru-Medan diharga Rp273.000 per orang dan Batik Air baik rute Pekanbaru-Jakarta (Cengkareng) maupun Pekanbaru-Halimperdana kusuma diharga Rp665.000 per orang.

"Untuk esok, Citilink rute Pekanbaru-Jakarta diharga Rp655.000 per orang dan Malindo Air rute Pekanbaru-Malaka Rp880.000 per orang. Sedangkan Garuda rute Pekanbaru-Jakarta jam 6.55 Wib sampai pukul 16.35 Wib atau lima kali penerbangan Rp820.000 per orang dan jam 18.35 Wib diharga Rp699.000 per orang," ucapnya.