Kemenag Rohul Berangkatan 238 CJH Dengan Wings Air

id kemenag rohul, berangkatan 238, cjh dengan, wings air

Kemenag Rohul Berangkatan 238 CJH Dengan Wings Air

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau mengaku, 238 orang calon jamaah haji atau Calhaj setempat akan diberangkatkan menuju embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau menggunakan maskapai Wings Air.

"Sebanyak 238 calhaj dibawa dari bandara setempat Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pakai Wings Air pada Ahad (14/8)," papar Kepala Kantor Kemenag Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Jumat.

Pihaknya mengklaim, telah mempermudah proses keberangkatan calhaj dari daerah setempat dengan menyewa dua unit pesawat untuk transportasi udara milik grup usaha Lion dengan memakai maskapai Wings Air masing-masing jenis ATR 72-500/600 berkapasitas 65 kursi.

Dia berujar, kerjasama tersebut terealisasi melalui perusahaan penyedia jasa transportasi udara yakni PT Krakatau Citra Indonesia dengan kontrak Nomor: 1625/KK.04.10/Hj.05/06/2016 dan KCI-PKS/VI/2016 tertanggal 30 Juni 2016.

Menurutnya, 238 orang calhaj asal daerah tersebut akan diberangkatkan dengan empat kali penerbangan dalam satu hari yakni pukul 08.00 WIB, lalu jam 08.10 WIB, kemudian pukul 11.40 WIB dan terakhir jam 11.50 WIB.

Penerbangan pertama membawa 57 orang calhaj berasal dari Kecamatan Rambah dan Kecamatan Rambah Samo. Lalu penerbangan kedua 56 calhaj asal Kecamatan Bangun Purba, Kecamatan Rambah Hilir, dan Kecamatan Tambusai.

"Berikutnya 62 calhaj berasal Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Ujungbatu, Tandun, dan Kabun dan penerbangan terakhir 61 calhaj berasal dari Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam, Kunto Darussalam, dan Tambusai Utara," jelasnya.

Ahmad merupakan mantan kepala humas dan perencanaan Kemenag Provinsi Riau itu mengatakan, calhaj Rohul tergabung kelompok terbang VII Embarkasi Batam bersama 204 calhaj Kota Dumai dan 5 pertugas kloter akan diberangkatkan menuju Tanah Suci pada Senin (15/8).

"Kami mengajak seluruh masyarakat Rohul untuk mendoakan para calhaj, agar dapat melaksanakan ibadah haji dan pulang ke Tanah Air dengan selamat serta memperoleh predikat haji mabrur," katanya.

Kemenag sebelumnya telah menetapkan dua maskapai penerbangan rute internasional sebagai transportasi udara bagi jemaah haji Indonesia tahun 2016 karena keduanya memenuhi kualifikasi tender yang ditetapkan yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.

"Penyediaan transportasi udara jemaah haji Indonesia melalui beberapan tahapan dan proses seleksi," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag, Abdul Djamil.

Abdul mengatakan, Garuda Indonesia akan membawa jemaah calon haji seperti berasal dari embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta (khusus jamaah haji provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung, Solo, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Sedangkan maskapai Saudi Arabian Airlines akan melayani jemaah calon haji asal embarkasi Batam, Palembang, Jakarta (khusus jemaah haji Provinsi Jawa Barat), Banjarmasin, dan Surabaya.