Gelar Pasar Sembako Murah Untuk Masyarakat, Pemkab Inhu Gandeng Bulog

id gelar pasar, sembako murah, untuk masyarakat, pemkab inhu, gandeng bulog

Gelar Pasar Sembako Murah Untuk Masyarakat, Pemkab Inhu Gandeng Bulog

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggandeng Perum Bulog setempat menggelar pasar Sembako murah untuk masyarakat.

"Ini dalam rangka membantu masyarakat ekonomi lemah atas lonjakan harga yang menyulitkan warga," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Indragiri Hulu (Inhu) Hasman Dayat di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, mengantisipasi terjadinya lonjakan harga berkepanjangan terhadap kebutuhan pokok, khususnya sembilan bahan pokok (sembako) selama Ramadan atau menjelang Idul Fitri, pihak Disperindagpas bekerjasama dengan Perum Bulog menggelar Pasar Murah di berbagai kecamatan.

Instansi Disperindagpas melaksanakan program pasar murah di Pasar Rakyat Rengat, Pasar Siberida, Kualacenaku, Pasir Penyu dan pasar Rakit Kulim sesuai dengan jadwal dan ketersediaan Sembako yang sebaiknya dapat dimanfaatkan oleh penduduk sebaik mungkin.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat ekonomi lemah," sebutnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagpas Elpahri Adha menambahkan, pasar murah digelar dalam rangka menekan lonjakan harga sembako khususnya beras, gula pasir dan daging sapi.

"Disperindagpas memberi subsidi misalnya untuk harga beras Rp3.300 per Kg dari harga pasar Rp13.000," ujarnya.

Lima ton beras yang disubsidi dikemas sebanyak 10 Kg untuk satu kepala keluarga, gula pasir dikemas sebanyak 2 Kg dengan subsidi harga Rp3.000 per Kg dari harga pasar Rp16.000 per Kg, sedangkan harga daging pasar Rp120.000 per Kg dijual menjadi Rp80.000 per Kg dengan kuota sebanyak 200 Kg setiap pasar kecamatan yang menjadi sasaran Pasar Murah.

" Meski jatahnya terbatas, tapi dapat membantu," ucapnya

Salah satu warga Indragiri Hulu Said mengatakan, kegiatan pasar Sembako murah sangat diharapkan oleh masyarakat, walaupun jumlah yang disediakan oleh pemerintah terbatas.

"Ini menunjukan bahwa perhatian pemerintah itu ada," tegasnya.