Pemkab Inhil Tahun ini Targetkan Tanam 28.000 Hektare Padi

id pemkab inhil, tahun ini, targetkan tanam, 28000 hektare padi

Pemkab Inhil Tahun ini Targetkan Tanam 28.000 Hektare Padi

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau menyatakan telah menargetkan luas tanam padi di daerah itu pada 2016 ini seluas 28.000 hektare dari yang sebelumnya hanya 17 ribu hektare.

"Kami memang menargetkan luas tanam padi tahun ini seluas 28.000 hektare meski lahan yang tersedia hanya 26.000 hektare," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir Kuswari di Tembilahan, Rabu.

Meski luas tanam yang tersedia hanya 26.000 hektare, katanya, pihaknya akan berupaya memenuhi target seluas 28.000 hektare itu.

"Salah satu cara yang telah kami lakukan ialah menanam padi kembali setelah panen, selain itu, pinggiran jalan raya menuju kota Pekanbaru terutama di daerah Pekan Tua juga sudah mulai ditanam padi," sebutnya.

Ia mengungkapkan untuk musim tanam Oktober/Maret Indragiri Hilir telah berhasil menanam padi seluas 19.288 hektare dan untuk memenuhi target 28 hektare itu maka akan di gesa pada musim tanam April/Desember.

"Untuk areal penanaman komoditas padi ini, terdapat di seluruh kecamatan yang ada di Indragiri Hilir, namun yang terbanyak berada di Kecamatan Kempas, Keritang dan Kemuning," sebutnya.

Selain menanam padi, lanjutnya, Indragiri Hilir juga tengah memprioritaskan tanaman jagung dan kedelai sebagai dukungan terhadap upaya mencapai swasembada dan ketahanan pangan.

"Mudah-mudahan nanti hasil panennya dapat maksimal dan membanggakan," ujarnya. (adv)