Lebihi Target, Dinkes Klaim 41.209 Balita Dumai Sudah Divaksin Polio

id lebihi target, dinkes klaim, 41209 balita, dumai sudah, divaksin polio

Lebihi Target, Dinkes Klaim 41.209 Balita Dumai Sudah Divaksin Polio

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai telah memberi vaksin imunisasi anti polio kepada 41.209 anak balita, atau 115 persen melebihi target sasaran dalam Pekan Imunisasi Nasional Polio sebanyak 35.555 jiwa.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Dumai Romauli menyebutkan, jumlah cakupan anak 0-59 bulan yang diberi vaksin polio ini dilakukan juga dengan mendatangi ke rumah warga.

"Per 15 Maret lalu target telah tercapai yaitu 40.462 anak dari 35.555, tapi karena masih ada orangtua enggan membawa balita ke pos terpaksa dilakukan sweeping ke rumah dan bertambah jadi 41.209 anak," kata dia di Dumai, Jumat.

Dia menjelaskan, kegiatan sweeping akan terus dilakukan petugas ke rumah warga yang memiliki balita hingga Sabtu besok agar semua anak di Dumai mendapatkan vaksin tambahan anti polio tersebut.

Pelaksanaan PIN Polio dimulai sejak 8-15 Maret lalu diakui dia hanya terkendala masih ada orangtua enggan membawa anak diberi vaksin ulang, namun petugas medis terus memberikan kesadaran.

"Untuk memberikan kesadaran kepada orangtua, kita juga melibatkan ketua RT dan tokoh masyarakat setempat agar pekan imunisasi polio ini sukses dan lancar," terangnya.

Dia juga memastikan sejauh ini pelaksanaan pekan imunisasi polio nihil laporan dari kejadian ikutan pasca imunisasi, sehingga dinyatakan semua berjalan lancar tanpa ada kendala berarti.

Sedangkan untuk balita dengan HIV AIDS atau hidup di tengah ODHA maka diberikan perlakuan khusus melalui vaksin injeksi khusus anti polio atau melalui suntikan, tidak seperti sasaran umum lain lewat tetes mulut.

"Hingga Sabtu besok kita membuka pelayanan PIN polio, karena itu diimbau para orangtua untuk membawa anak ke pos terdekat," imbaunya.

Dinkes Dumai membuka pelayanan PIN Polio dengan membuka 220 pos di 33 kelurahan dan tujuh kecamatan, resmi dicanangkan oleh Wakil Wali Kota Eko Suharjo di Posyandu Camar Kelurahan Jayamukti Kecamatan Dumai Timur pada 8 Maret lalu.