Lebihi Target Kunjungan Pemkab Siak Patok Dapat Rp1,2 Miliar dari Pariwisata Tahun 2018 ini

id lebihi target, kunjungan pemkab, siak patok, dapat rp12, miliar dari, pariwisata tahun, 2018 ini

Lebihi Target Kunjungan Pemkab Siak Patok Dapat Rp1,2 Miliar dari Pariwisata Tahun 2018 ini

Siak, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata pada 2018 ini menjadi Rp1,2 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni menyebutkan, pemerintah daerah pada 2017 menargetkan PAD sektor pariwisata sebesar Rp500 juta. Sedangkan untuk tahun ini naik menjadi Rp1,2 miliar.

Realisasi PAD sektor pariwisata kabupaten Siak tahun lalu sebesar Rp595 juta," katanya di Siak, Rabu.

Dia katakan, target besaran PAD itu akan dicapai dengan meningkatkan jumlah kunjungan ke Kabupaten Siak melalui kegiatan-kegiatan seperti wisata olahraga (tour de Siak), olahraga air (serindit boat race), ekowisata mangrove, maupun wisata sejarah-religi.

Untuk jumlah wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara yang datang ke kabupaten Siak sepanjang tahun 2017 dikatakan Fauzi berjumlah 233 ribu orang. Angka tersebut mampu melebihi target yang ditetapkan Pemkab Siak sebanyak 180 ribu pengunjung.

Jumlah wisatawan kabupaten Siak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data dari dinas pariwisata, pada 2015 tercatat sebanyak 105.000 orang. Ditahun berikutnya pengunjung yang datang ke wilayah setempat meningkat menjadi 116.500 orang.

"Kita akan membahas jumlah event (kegiatan) wisata, serta menambah jumlah hari inap pengunjung di Siak," sebutnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Siak Alfedri menyatakan, industri pariwisata dan ekonomi kreatif juga memberi sumbangan terhadap pendapatan daerah, meski belum menjadi andalan seperti pertanian dan pertambangan.

Dia juga pernah menyebutkan, setiap perhelatan yang dibuat sepanjang tahunnya bukanlah untuk berpesta pora dan menghambur-hamburkan anggaran. Menurutnya itu adalah salah satu langkah dalam mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki daerah setempat dan meningkatkan ekonomi kreatif.

***1***