Wawako Dumai Eko Suharjo Luncurkan Pencanangan PIN Polio, Ini Katanya

id wawako dumai, eko suharjo, luncurkan pencanangan, pin polio, ini katanya

Wawako Dumai Eko Suharjo Luncurkan Pencanangan PIN Polio, Ini Katanya

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemko Dumai, Provinsi Riau, meluncurkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan sasaran 35.555 anak balita, Selasa.

Pencanangan PIN Polio dihadiri oleh Wakil Wali Kota Eko Suharjo di Posyandu Camar Kelurahan Jayamukti Kecamatan Dumai Timur. Eko menyebutkan, pelaksanaan imunisasi merupakan program paling efektif dalam pembangunan kesehatan, terutama dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, sehingga diharapkan peran serta untuk sukses PIN Polio ini.

"Kegiatan ini penting sebagai upaya mitigasi dalam perlindungan optimal dari penyakit polio serta untuk mempertahankan cakupan imunisasi rutin dengan target cakupan diatas 95 persen," katanya.

Disebutkan, Indonesia telah berhasil mendapatkan sertifikasi bebas polio bersama negara-negara South East Asia Region (SEARO) lainnya pada Maret 2014 lalu.

Pencanangan PIN Polio ini dilaksanakan serentak pada 8-15 Maret 2016 di seluruh tanah air, dengan sasaran anak usia 0 hingga 59 bulan yang merupakan kelompok paling rentan tertular penyakit polio.

"Dihimbau agar semua pihak dapat melakukan upaya dan mendukung sukses PIN Polio ini dan anak balita dibawa ke Pos PIN terdekat untuk memperoleh tetes vaksin polio," harapnya.

Melalui kegiatan PIN Polio selama sepakan kedepan nanti diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Faisal menjelaskan, kegiatan pencanangan PIN Polio mengandeng juga MUI, Kementerian Agama dan tokoh masyarakat dari berbagai lapisan suku.

Pelayanan PIN Polio dibuka di 220 pos tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan dengan menurunkan sekitar 1.500 petugas medis dari seluruh Puskesmas, Pustu, kader Posyandu, Poskeskel dan pengelola PAUD serta unit pelayanan kesehatan swasta.

"Pencanangan di Posyandu Camar Kelurahan Jaya Mukti karena di daerah ini banyak sasaran anak imunisasi polio, dan pada hari pertama antusias masyarakat cukup tinggi membawa anak ke pos terdekat," jelasnya.