Polres Kuantan Singingi Usulkan Penambahan Polsek

id polres kuantan, singingi usulkan, penambahan polsek

Polres Kuantan Singingi Usulkan Penambahan Polsek

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mengusulkan penambahan kepolisian sektor (Polsek) di sejumlah kecamatan.

"Kami menilai itu penting untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat," kata Kapolres Kuantan Singingi AKBP Edy Sumardi di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, Kabupaten Kuantan Singingi memiliki 15 kecamatan, sedangkan jumlah Polsek baru ada 10, sehingga penting untuk menambah minimal dua Polsek baru, terutama untuk kecamatan yang jauh dari Kota Teluk Kuantan.

"Ini juga dalam rangka peningkatan kinerja kepolisian," kata Kapolres.

Polres Kuantan Singingi mengajukan ke Mabes Polri penambahan Polsek di Kecamatan Gunung Toar dan Pucuk Rantau, sementara tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Inuman, Kuantan Hilir Seberang, dan Sentajo Raya menunggu proses lebih lanjut.

Kecamatan Pucuk Rantau mendapat prioritas karena selain letaknya jauh dari ibu kota kabupaten juga memerlukan penanganan masalah keamanan yang memadai mengingat penduduknya sudah padat dan ada aktivitas perusahaan di kecamatan itu.

Menurut Kapolres, jumlah personel Polres Kuansing saat ini juga belum memadai, karena saat ini baru ada 560 personel deari kebutuhan ideal 1.200 orang.

Salah satu warga Kuansing Izar (46) mengapresiasi pengusulan penambahan Polsek tersebut mengingat perkembangan daerah yang semakin maju, investasi semakin meningkat, sehingga perlu dukungan keamanan.

"Sebaiknya pembentukan Polsek baru itu lebih cepat karena dua kecamatan itu memang jauh dari pusat kota," kata dia.