Disperindag Dumai Jamin Stok Bahan Pokok Aman

id disperindag dumai, jamin stok, bahan pokok aman

Disperindag Dumai Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai Riau Zulkarnaen mengatakan pemerintah menjamin aman stok kebutuhan bahan pokok masyarakat selama Ramadhan dan berupaya mengantisipasi kelangkaan.

Menghadapi masuknya bulan puasa, Disperindag, katanya, di Dumai, Jumat, juga telah menggelar beberapa kali Operasi Pasar bahan pokok dan gas elpiji bersubsidi ke tengah masyarakat dengan tujuan mengendalikan harga barang.

"Tidak ada masalah dengan stok karena kita sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melancarkan arus distribusi persediaan bahan pokok ini," katanya.

Dia menjelaskan, upaya pengendalian barang pokok ini dilakukan dengan pengawasan rutin ke pasar tradisional sekali dalam dua pekan guna memastikan persediaan aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Pihaknya juga mengintensifkan pemeriksaan bahan pangan beras di kalangan agen dan pedagang untuk mencegah peredaran beras mengandung zat plastik di tengah masyarakat.

"Secara kasat mata kita tidak melihat ada peredaran beras palsu tersebut, tapi resminya masih menunggu hasil uji sampel di laboratorium Balai POM Pekanbaru," ungkap dia.

Dia mengklaim harga kebutuhan bahan pokok masih relatif normal dan belum di luar batas kewajaran meski harga sejumlah komoditi mulai merangkak naik di pasaran.

Pihaknya mengimbau juga para distributor dan pedagang untuk tidak menaikkan harga secara sepihak serta menghindari penimbunan barang yang bisa menyebabkan kelangkaan di pasaran.

Langkah koordinasi terkait kesiapan menghadapi masuknya hari besar keagamaan telah dilakukan pemerintah daerah bersama instansi terkait setempat dalam rangka antisipasi gejolak harga dan kelancaran pasokan di sejumlah pasar tradisional, tambahnya.