Chevron-AJI Pekanbaru Gelar Pelatihan "Jurnalistik Sadar Energi"

id chevron-aji pekanbaru, gelar pelatihan, jurnalistik sadar energi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Chevron Pasific Indonesia bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen Pekanbaru menggelar pelatihan "Journalist Camp" bagi puluhan penggiat media dengan tema "Jurnalis Sadar Energi" pada 5-7 Juni 2015.

Ketua AJI Pekanbaru, Fakhrurrodzi menyampaikan bahwa kapasitas dan pemahaman jurnalis terhadap isu-isu minyak dan gas serta ketahanan energi harus diperkuat agar tidak hanya mencakup isu permukaan saja. Akan tetapi juga mampu menganalisa secara menyeluruh, agar masyarakat memahami dan mendapatkan informasi utuh dan berimbang.

"Untuk mendorong lebih banyak artikel mendalam dan sesuai kode etik jurnalistik mengenai isu energi di Indonesia, sangat dibutuhkan peningkatan kapasitas jurnalis terhadap isu tersebut. Hal ini mendasari AJI Pekanbaru bersama PT CPI menyelenggarakannya," katanya di Pekanbaru, Jumat.

Lebih lanjut dia mengatakan tujuan digelarnya pelatihan ini juga demi meningkatkan pemahaman peserta terkait ketahanan dan isu-isu energi di Indonesia. Hal ini mendorong jurnalis membuat liputan mendalam dan patuh terhadap kode etik jurnalistik mengenai isu-isu pengelolaan energi fosil.

Dia mencontohkan bahwa Sektor hulu migas masih menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Tahun 2015, sektor hulu migas ditargetkan menghasilkan produksi minyak 900 ribu barel per hari.

"Isu ketahanan energi yang berkembang di media massa juga mengejutkan publik dengan peristiwa tindak pidana di sektor migas ini," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Winahyu Dwi Utami, mengatakan lebih rincinya kegiatan ini diikuti 20 jurnalis Pekanbaru dan Rokan Hilir, baik di media lokal maupun nasional, berbagai bentuk yaitu media cetak, siber, TV maupun radio.

"Kegiatan ini menerapkan metode workshop dikemas menyenangkan dengan model "camping" selama dua hari. Selain belajar di ruangan, peserta juga akan melakukan perjalanan lapangan ke lokasi produksi minyak Chevron," tambahnya.

Perjalanan ke lapangan mengunjungi ladang minyak Chevron di Minas, Kabupaten Siak. Sedangkan pelatihan dengan penyampaian materi dilakukan di salah satu hotel di sekitar Perbatasan Kota Pekanbaru-Siak.