Legislator: Kembalikan Lahan Pertanian Yang Beralih Fungsi

id legislator, kembalikan lahan, pertanian yang, beralih fungsi

 Legislator: Kembalikan Lahan Pertanian Yang Beralih Fungsi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator Komisi B DPRD Riau, DPRD Riau yang membawahi bidang ekonomi, Eva Yuliana meminta agar lahan pertanian yang telah beralih fungsi untuk dikembalikan lagi agar provinsi setempat bisa mewujudkan ketahanan pangan yang juga merupakan program Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Kita sayangkan kepala daerah suka mengalihkan fungsi lahan. Lahan pertanian harus tetap ada dan yang sudah beralih fungsi harus dikembalikan lagi," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Ia katakan bahwa lahan yang berkurang itu adalah untuk tanaman padi. Saat ini, di beberapa kabupaten/kota di Riau sudah banyak sawah yang beralih fungsi menjadi kebun sawit atau pun untuk bangunan.

Salah satu kabupaten yang masih banyak sawah adalah daerah pemilihannya yakni Kabupaten Kampar. Menurut Eva, itu terlihat dari daerah Kampa hingga Air Tiris dan juga Serantau Kampar Kiri.

"Tapi jumlah yang ada itu masih kurang juga sehingga masih mengandalkan pasokan dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara," sebutnya.

Oleh karena itu, pertanian harus dibina terus dan lahan pertanian harus dikembalikan. Hal ini penting untuk tidak lagi bergantung pada dua provinsi itu.

Ditambahkannya jika terlalu bergantung, kondisi tak terduga bisa saja terjadi seperti putusnya jalur transportasi. Hal itu tentunya akan menimbulkan naiknya harga komoditi yang sangat dibutuhkan itu.

"Harga otomatis akan naik kalau jalan putus, itu pun jika barangnya ada, kalau tidak tentu Riau ini akan kelaparan," sebutnya.