Terdakwa Pembunuh Bayi Dikenal Penyayang

id terdakwa pembunuh, bayi dikenal penyayang

Terdakwa Pembunuh Bayi Dikenal Penyayang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Terdakwa Yulia alias Dona (19) yang saat ini sedang menjalani sidang kasus pembunuhan bayi 14 bulan, Jeanete Gracia Candrio di Pengadilan Negeri Pekanbaru, oleh orang terdekatnya selain dikenal rajin, juga dikenal sebagai sosok yang ceria dan penyayang terhadap anak kecil.

"Sebelumnya Dona pernah tinggal bersama saya selama satu tahun terhitung sejak Juni 2012 hingga Juni 2013 dan dia penyayang," kata Radiah, PNS yang tinggal di Bangkinang, Kampar, Riau, Sabtu.

Ia mengatakan mengenal sosok Dona dengan sangat dekat. Perkenalan dirinya dengan Dona dimulai saat pembantu yang bekerja di rumah Radiah membawa Dona kerumahnya.

"Saat itu dia mengaku dari Tembilahan dan meminta pekerjaan kepada saya, namun karena umurnya masih 16 tahun saya meminta dirinya untuk sekolah dan saya siap menyekolahkan dia, namun Dona menolak dengan alasan ingin bekerja dan membantu orangtuanya di kampung," kata Radiah.

Kemudian, lanjut Radiah, ia mengizinkan Dona alias Dona untuk tinggal bersamanya dan terkadang Dona membantu pembantunya untuk membersihkan rumah dan juga membantu tetangga Radiah untuk pekerjaan rumah tangga lainnya seperti menyetrika.

Menurut Radiah, Dona merupakan sosok yang periang dan seperti kekanakan.

"Mungkin karena umurnya yang masih belia," katanya.

Dona juga merupakan sosok yang penyayang terhadap anak kecil, hal ini terlihat saat tetangga Radiah yang memiliki anak kecil dan Dona terlihat akrab denngan keberadaan anak anak tersebut.

Dona sendiri pada pertengahan 2013 sempat pulang ke kampung halamannya, dan ia sempat pamitan dengan Radiah. Namun sejak saat itu dirinya tidak lagi mendengar kabar dari Dona, hingga akhirnya ia dikabari kalau Dona menikah pada Desember 2013.

Dimata Radiah, Dona juga merupakan seorang yang inisiatif, dan jika ada pekerjaan rumah tangga yang belum selesai Dona segera membereskannya. "Dia itu kalau soal pekerjaan tidak perlu disuruh suruh," ujarnya.

Sementara itu, menurut Usman, suami Dona, dirinya mengenal istrinya dengan nama Yulia dan bukan Dona sebagaimana dikenal saat ini.

Menurutnya, Dona juga adalah sosok yang penyayang terhadap anak anak. Sikap Dona yang Usman ketahui adalah ceria dan selalu bertindak sewajarnya.

Namun, selama mereka menikah, menurut Usman, Dona pernah sekali kesurupan. "Tapi hanya sekali itu saja," terang Usman.

Sebelumnya, Radiah dan Usman dihadirkan sebagai saksi oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada persidangan lanjutan kasus pembunuhan bayi berumur 14 bulan, Jeanette Gracya Candrio.

Kedua orang terdekat Dona tersebut tidak menyangka jika sosok yang mereka kenal sangat dekat tersebut tega melakukan pembunuhan itu. Namun, pada saat persidangan tersebut, Dona menyangkal telah membunuh Jeanette, dan hanya berniat untuk menculik dan memberikan bayi tersebut kepada seseorang bernama Joni.