SKK Migas-Chevron Terima Penghargaan Penanggulangan Kebakaran Hutan

id skk migas-chevron, terima penghargaan, penanggulangan kebakaran hutan

SKK Migas-Chevron Terima Penghargaan Penanggulangan Kebakaran Hutan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - SKK Migas dan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Dumai, Riau, setelah dianggap berkontribusi dalam upaya mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu pada Februari-Maret 2014.

Pemberian penghargaan dilakukan di Gedung Sri Bunga Tanjung, yang diterima Tommy Sibuea, Team Manager Policy Government and Public Affairs (PGPA) CPI Dumai yang diberikan oleh Wali Kota Dumai, Khairul Anwar melalui Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa, Senin.

"Saya berharap bencana kebakaran hutan dan lahan di Dumai tidak terulang lagi, dan kerjasama yang baik antarinstansi terus terbina khususnya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan," kata Said.

Manajemen Chevron menyambut baik sinergi yang telah terjalin antara pemerintah dan perusahaan dalam melakukan mitigasi terhadap bahaya kabut asap sedini mungkin, termasuk pencegahan, dan penanganannya.

"Melindungi masyarakat dan lingkungan merupakan salah satu nilai dasar Chevron. Perwujudannya di implementasikan dengan memberikan dukungan dan bekerjasama dengan pemerintah dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau," kata Manager Komunikasi Chevron, Tiva Permata.

Pada periode Januari hingga April 2014 lalu, SKK Migas-CPI telah mengerahkan 320 petugas pemadam kebaran beserta perlengkapannya untuk memadamkan 674 titik api yang tersebar di 606 hektar lahan yang berada di area Kecamatan Rumbai, Minas, Petapahan, Libo, Bangko, Bekasap, Duri dan Dumai.

Selain itu, lanjutnya, SKK Migas-Chevron juga memasok bahan bakar (avtur) helikopter sebanyak 10.000 liter yang digunakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memadamkan kebakaran di wilayah Riau.

Kontribusi lain menurut dia juga diberikan SKK Migas-Chevron melalui bantuan lebih dari 18.000 masker dan diberikan kepada masyarakat dan pelajar yang tinggal di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Khusus di wilayah Kota Dumai, kata dia, Chevron berkontribusi sebanyak 30 kali operasi penanganan kebakaran hutan dan lahan, baik yang berupa permintaan maupun inisiatif perusahaan selama periode Maret-April 2014.

Koordinasi menurut dia dilakukan dengan Pemerintah Kota Dumai dengan memberikan data pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di wilayah kerja Chevron Dumai, serta bantuan penyediaan dan distribusi masker sebanyak 1.500 lembar kepada siswa-siswi dan guru Sekolah Dasar di wilayah Dumai.

"Bentuk kepedulian akan bahaya kabut asap juga diberikan SKK Migas-Chevron melalui sosialisasi dan edukasi pada Oktober-November kepada 20 Sekolah Menengah Atas melalui Program Chevron Goes To School di wilayah Minas, Duri, Libo, Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai," katanya.