Detik-detik terakhir keberadaan PT CPI di Riau

id WK Rokan,PT CPI, chevron, PT PHR, SKK Migas, WK Rokan

Detik-detik terakhir keberadaan PT CPI di Riau

Pertemuan virtual PT CPI, SKK Migas dan awak media. (ANTARA/tangkapan layar)

Rasanya seperti berfoto-foto menjelang akhir Ramadhan dan menyambut Idul Fitri. Sedih dan bahagia,
Pekanbaru (ANTARA) - PTChevron Pacific Indonesia (CPI) menegaskan kesiapannya untuk mendukung kelancaran alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan, Riau, pada 8 Agustus 2021 dan memastikan pemenuhan kewajiban atas aspek-aspek utama dalam proses terminasi dan transisi berjalan dengan baik.

"Kesiapan alih kelola ini berkat sinergitas yang kuat antara SKK Migas, PT CPI, Pertamina Hulu Rokan, dan pihak-pihak terkait lainnya sepanjang dua tahun terakhir, termasuk upaya-upaya untuk menjaga tingkat produksi pasca alih kelola," kata VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin dalam kegiatan Media Gathering Virtual di Pekanbaru, Sabtu.

PT CPI mulai menyiapkan dan menjalankan tahapan proses terminasi dan transisi WK Rokan. Secara internal, PT CPI membentuk tim khusus yang bertugas menangani proses tersebut secara terpadu di seluruh lini organisasi.

"Dengan melihat mulai dari tahap perencanaan dan pelaksanaan yang berjalan sistematis dan terstruktur, proses alih kelola di WK Rokan layak menjadi salah satu acuan bagi proses alih kelola WK migas lainnya di Indonesia ke depan," kata Sukamto.

Seiring berakhirnya kontrak di WK Rokan, PT CPI akan mengembalikan salah satu WK migas terbesar di tanah air ini kepada pemerintah untuk selanjutnya serahkan pengelolaannya kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang menjadi operator berikutnya.

"Mohon doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat agar proses alih kelola berjalan lancar," kata Sukamto.

Untuk menjaga tingkat produksi, pekan lalu PT CPI berhasil mengebor sumur ke-100, terhitung sejak dimulainya program pengeboran pada akhir Desember 2020 lalu. Baru-baru ini PT CPI juga telah mendapatkan tambahan rig pengeboran guna mendukung upaya pencapaian target pengeboran di WK Rokan tahun ini.

WK Rokan merupakan aset strategis yang penting bagi penerimaan negara dan daerah, perekonomian masyarakat, serta ketahanan energi nasional.

"Kegiatan pengeboran yang dilakukan PT CPI berkontribusi dalam menjaga, bahkan meningkatkan produksi WK Rokan. Mari kita sambut lembaran baru agar kegiatan usaha hulu migas terus memberikan manfaat bagi kita semua," kata Haryanto Syafri selaku Pjs Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada insan-insan media yang turut mengabarkan berbagai kegiatan usaha hulu migas.

Dalam acara Media Gathering Virtual tersebut, wartawan Riau berkesempatan menyampaikan kesan-kesan mereka selama berinteraksi dengan PT CPI selama ini.

"Terima kasih PT CPI yang sudah memberikan manfaat bagi ribuan bahkan jutaan orang di Riau dan juga Indonesia,” ungkap Rinal Sagita selaku Digital Manager dari Tribun Pekanbaru.

Perpisahan tersebut sempat membuat suasana haru ketika sejumlah awak media mengucap kesan-kesannya dan kenangan selama bersentuhan dengan PT CPI.Sonitha Poernomo Manager Corporate Communication PT CPIjuga terlihat berkaca-kaca ketika mendengarkan kesan beberapa jurnalis selama belasan tahun meliput di Chevron. Demikian juga HaryantoSyafriyang terlihat baperketika memberikan sambutan dan mendengar cerita kenangan para jurnalis.

Sebelumnya, SukamtoTamrinjuga menyempatkan mengambil beberapa foto di Komplek PT CPIusai bangun pagi menjelang beberapa jam PT Chevron"menghilang" dari Riau. "Rasanya seperti berfoto-foto menjelang akhir Ramadhan dan menyambut Idul Fitri. Sedih dan bahagia," kata Sukamto.