Ingin tahu jejak PT CPI, bisa dilihat di Universitas Riau

id Unri,PCR, skk migas, chevron corner

Ingin tahu jejak PT CPI, bisa dilihat di Universitas Riau

Chevron Corner yang berlokasi di lobi Gedung Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan  Universitas Riau (P2K2 Unri). Fasilitas itu diresmikan oleh Rektor Unri Prof. Dr. Aras Mulyadi pada Selasa (3/8/2021). (ANTARA/HO-CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - Program University Relationship Program (URP) yang digagas PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) kembali melahirkan kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Kali ini, PT CPI mendukung kegiatan Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 Unri) berupa Festival Kreatif Mahasiswa dan peresmian Chevron Corner di Kampus Unri.

Festival Kreatif Mahasiswa bertujuan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan atau entrepreneurship di kalangan mahasiswa. Para peserta diminta mengirimkan video kreatif tentang ide-ide usaha dengan pengemasan yang unik dan menarik. Sebanyak 37 mahasiswa Unri berpartisipasi dalam festival ini. Sepuluh peserta terbaik akan dipilih sebagai pemenang.

"Kami mendesain festival ini untuk membangun kreativitas dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha meski di tengah pandemi. Dukungan Chevron dalam kegiatan ini sangat berharga untuk mencapai tujuan tersebut melalui sinergitas yang baik," kata Rektor Unri Prof. Dr. Aras Mulyadi.

Rektor Unri mengatakan, kerja sama Unri dan PT CPI telah lama terjalin, di antaranya pengembangan karir mahasiswa, program beasiswa, inkubator dan pengembangan kewirausahaan, maupun dukungan PT CPI untuk lembaga bahasa Unri.

PT CPI dan P2K2 Unri juga meresmikan Chevron Corner yang berlokasi di lobi Gedung P2K2 Unri. Chevron Corner menampilkan poster-poster program investasi sosial PT CPI baik yang didanai melalui skema cost recovery maupun sole cost dalam beberapa tahun terakhir. Fasilitas ini juga dilengkapi TV LED untuk menampilkan video kilas perjalanan Chevron selama 97 tahun di Indonesia.

Rektor Unri meresmikan penggunaan Chevron Corner tersebut dengan pengguntingan pita.

"Chevron Corner ini dapat menjadi media informasi bagi publik tentang kegiatan-kegiatan pendukung yang dilaksanakan oleh Chevron," kata Prof. Dr. Aras Mulyadi.

Acara peresmian juga diikuti oleh Koordinator Pusat P2K2 UNRI Dr. Alvi Furwanti Alwie, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Dr. Zulkarnain, Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas Sumbagut Arilda Septania Wisudawati, dan Senior Expert Corporate Affairs PT CPI Suyanto.

"Keberadaan Chevron Corner ini dapat menjadi salah satu penanda kiprah PT CPI selama beroperasi di Riau. Semoga fasilitas ini juga memberikan manfaat bagi civitas akademika Unri dan masyarakat luas," kata Suyanto.

Untuk pengembangan mahasiswa, sebelumnya PT CPI bersama P2K2 dan LPPMP Unri melaksanakan beberapa seminar soft skill kewirausahaan. Selain seminar, selama enam bulan terakhir juga dilaksanakan pula serangkaian lokakarya untuk mendukung kegiatan mahasiswa dan alumni dalam pengembangan karir maupun wirausaha.

Unri merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerima bantuan pendidikan dari PT CPI melalui Program URP. Tiga perguruan tinggi terkemuka di Riau lainnya yang menerima bantuan adalah Teknik Elektro Unilak, Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau, dan FMIPA Kimia Universitas Muhammadiyah Riau.

Sejak diluncurkan pada 2010 lalu, Program URP telah meraih berbagai pencapaian seperti kerja sama antara Universitas Tsukuba Jepang dengan Teknik Kimia Universitas Riau pada 2019. Selain itu, beberapa dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau mengikuti program magang di beberapa universitas ternama di Korea Selatan, Jepang, Thailand, Vietnam, dan Arab Saudi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021