Warga Tuah Indrapura Siak bersyukur tahun depan 185 rumah dialiri air bersih

id Warga tuah Indrapura, aliri air bersih, pilkada Siak 2024

Warga Tuah Indrapura Siak bersyukur tahun depan 185 rumah dialiri air bersih

Warga Tuah Indrapura Kecamatan Bungaraya Siak ketika menghadiri kampanye Cabup Siak Irving Kahar Arifin. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, (ANTARA) - Warga Kampung Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak mengucapkan terima kasih kepada calon bupati Siak nomor urut satu, Irving Kahar Arifin karena upayanya merebut proyek air bersih dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI saat dia masih menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Kawasan Permukiman Siak.

Salah seorang warga, Mega mengaku masih menggunakan air sumur bor selama menetap di sana. Itu pun air yang disedot masih dalam kondisi kurang bersih dan cenderung kekuningan serta berbau. Mega bersyukur tahun depan air bersih sudah mengalir ke rumahnya.

"Alhamdulillah kami semua berterima kasih kepada Pak Irving, selama ini memang itu yang kami butuhkan. Kami juga tahu bahwa program ini sudah bergulir di kampung lainnya dan Alhamdulillah ini juga sampai ke rumah-rumah kami," katanya, Selasa.

Irving Kahar menyampaikan program air bersih ini merupakan usulannya saat masih menjabat Kepala Dinas PU Tarukim Siak ke Kementerian PUPR. Proyek ini akan dikucurkan ke Kampung Tuah Indrapura sebanyak 185 Sambungan Rumah (SR) yang akan berjalan dalam 2025 mendatang.

Sebelumnya sudah bergulir untuk Kampung Jayapura dan Bungaraya lalu juga akan masuk ke Kampung Langkai. Ini anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara lewat program air bersih di Riau dari Kementerian PUPR senilai Rp1,8 miliar.

Irving mengatakan pengaliran air bersih ini memakai pipa sepanjang 7,7 kilometer, tersambung dari rumah ke rumah yang terdaftar. "Pemasangannya gratis. Insyaallah Januari 2025 sudah dimulai," ujarnya.

Dia berkomitmen jika nanti diamanahkan menjadi bupati Siak, Irving berpasangan dengan Sugianto akan mewujudkan Kecamatan Bungaraya sebagai kawasan sentra pangan di Kabupaten Siak.

Infrastruktur seperti irigasi sawah, fasilitas jalan persawahan, cetak sawah baru hingga pencanangan pengolahan hasil pertanian juga masuk dalam program prioritas Paslon berjargon ISO ini