Anggar - Riau gagal raih emas di kelas degen beregu putri

id Anggar Jawa Barat,Anggar degen beregu putri,Anggar PON,Anggar Riau,PON Aceh-Sumut 2024

Anggar - Riau gagal raih emas di kelas degen beregu putri

Atlet anggar Jabar Aghna Firashya (kanan) dan atlet anggar Riau Nisa Afrawasih (kiri) saat berlaga dalam final nomor degen beregu putri di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (15/9/2024). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen anggar Jawa Barat mencetak medali emas pertama mereka dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 lewat nomor degen beregu putri yang berlangsung di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (15/9).

Raden Nasyha Fadilla, Kathrin Ghea Endarwati, dan Aghna Firashya mempersembahkan emas bagi Jawa Barat setelah menang 45-31 atas Riau, yang digawangi Shinta Sylviani, Nurhayati, dan Nisa Afrawasih, dalam laga final.

Pada babak pertama pertandingan, selisih skor antara Jawa Barat dan Riau cukup tipis yakni 5-4. Akan tetapi keadaan tak bertahan lama, sebab Jawa Barat tancap gas sejak babak kedua hingga kesembilan untuk mengatasi perlawanan Riau.

Emas pertama tersebut melengkapi koleksi medali Jawa Barat dari anggar PON XXI, bersanding dengan empat perak dan tiga perunggu.

Empat medali perak diraih dari nomor degen perorangan putri, floret beregu putri, sabel beregu putra, dan terbaru dari nomor floret beregu putra.

Sedangkan tiga perunggu datang dari nomor floret perorangan putri, floret perorangan putra, dan floret perorangan putra.

Di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor floret beregu putra yang dimenangkan oleh tim anggar Aceh.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan anggar berlangsung pada 11-16 September 2024.

Senin (16/9) menjadi hari pertandingan anggar terakhir pada PON XXI yang ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.