Riau kumpulkan emas ketiganya lewat floret beregu putri

id pon,pon xxi,pon 2024,anggar,pon aceh sumut

Riau kumpulkan emas ketiganya lewat floret beregu putri

Atlet anggar Riau Ayu Pani (kanan) dan atlet anggar Jabar Sakila Labiba (kiri) dalam pertandingan final untuk nomor floret beregu putri di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Provinsi Riau mengumpulkan medali emas ketiganya pada cabanganggar di PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang disumbang melalui pertandingan nomor floret beregu putri di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Riau unggul atas Jawa Barat (Jabar) dalam laga final dengan catatan skor akhir 45-29. Kontingen Riau pada nomor ini diperkuat oleh atlet Ayu Pani, Atika Floriana, dan Norhayati. Sedangkan tim anggar Jabar diisi Dewi Supriyati, Alleyda Siti Oddethraguna, dan Dita Puspa Dewi.

Pada babak pertama pertandingan, Riau unggul dari Jabar dengan selisih skor yang sangat tipis, yakni 5-4. Jabar mencoba untuk mengungguli Riau pada babak-babak selanjutnya, namun posisinya tidak pernah sejajar atau melampaui Riau.

Final floret beregu putri sembilan babak itu ditutup dengan pertandingan antara Ayu Pani dan Sakila Labiba dengan skor 45-29. Adapun Sakila, yang mewakili Jabar, menggantikan Alleyda yang mengalami cedera dan berhenti pada babak kelima.

Pertandingan floret beregu putri yang dimenangkan oleh Riau menandai perolehan emas ketiganya pada cabang olahraga ini.

Sebelumnya pada nomor perorangan, Riau telah mengumpulkan dua emas yang disumbang oleh Ayu Pani (floret perorangan putri) dan Muhammad Fatah Prassetyo (floret perorangan putra).

Di samping tiga emas, sejauh ini Riau telah memiliki satu perak dan lima perunggu yang diraih dari nomor perorangan. Dengan demikian, per Sabtu, total medali yang dikumpulkan Riau berjumlah delapan medali.

Sementara itu, pada Sabtu di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor sabel beregu putra.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan anggar berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Minggu (15/9), pertandingan untuk nomor floret beregu putra dan degen beregu putri akan berlangsung. Terakhir pada Senin (16/9), pertandingan anggar ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.