Sabtu, BMKG prakirakan mayoritas wilayah Indonesia berawan dan hujan ringan

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru

Sabtu, BMKG prakirakan mayoritas wilayah Indonesia berawan dan hujan ringan

Arsip foto - Warga berfoto saat awan mendung di Sky Deck Halte Transjakarta Bundaran HI, Jakarta, Kamis (4/7/2024). (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu.

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, prakirawan Nurul Iza Fitria menerangkan secara umum angin di wilayah Indonesia didominasi dari arah timur tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam.

Oleh karena itu, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Medan, Padang, Tanjung Selor, Mamuju, Nabire, Jayawijaya.

Sementara itu, BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Banda Aceh, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Lampung, Serang, Denpasar, Mataram, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Banjarmasin, Gorontalo, Kendari, Makassar, Manado, Ternate, Sorong, Ambon, Jayapura.

Adapun beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Palembang, Pangkal Pinang, Jambi, Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palu, Manokwari, Merauke.

Lebih lanjut untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga memberikan himbauan waspada banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara.

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai adanya wilayah yang berpotensi sangat mudah terbakar di sebagian besar wilayah Sumatera, kecuali Aceh dan Sumatera Barat, sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, sebagian kecil wilayah Sulawesi bagian Selatan, Sulawesi Tenggara dan juga wilayah Papua bagian Selatan.

Baca juga: BMKG: Gempa bumi dangkal magnitudo 4,9 guncang Bali Sabtu pagi

Baca juga: BMKG ingatkan agar waspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir