PNM Pekanbaru beri bantuan ketigakalinya untuk Ruang Pintar di Rumbai

id Pnm, mekaar

PNM Pekanbaru beri bantuan ketigakalinya untuk Ruang Pintar di Rumbai

PNM Cabang Pekanbaru saat memberikan bantuan secara simbolis. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pekanbaru melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) untuk ketiga kalinya kembali memberikan bantuan perpanjangan kepada Ruang Pintar “Damai Madani Pekanbaru“ untuk nasabah dan masyarakat di wilayah unit Mekaar Rumbai Pesisir, yang berada di Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Kamis (29/8).

Bantuan tersebut diserahkan PNM Cabang Pekanbaru untuk membantu proses belajar mengajar 25 anak didik yang ada di ruang pintar tersebut berupa 1 unit proyektor, 20 unit meja belajar anak, 1 unit kipas angin, 3 buah tikar, 25 paket alat tulis untuk anak didik, ATK, bantuan biaya Wi-Fi 6 bulan.

Selain itu, juga ada bantuan biaya pendamping 6 bulan, bantuan paket gizi anak-anak untuk 6 bulan serta alat kebersihan dan biaya kebersihan.

Kepala Cabang PekanbaruBenny Satria Basripada saat penyerahan bantuan tersebut mengatakan bantuan ini sudah ke tiga kali kami lakukan dan pada awalnya dibentuk pada saat COVID-19 dimana anak-anak tidak bisa belajar di sekolahdan salah satu kendalanya adalah masalah jaringan.

"Ruang Pintar hadir di tengah masyarakat untuk memberikan manfaat dari segi pendidikan, khususnya anak-anak," katanya.

Baca juga: PNM Pekanbaru serahkan 1.200 paket sembako ke korban banjir di Kampar

Dijelaskannya, PT PNM sudah menghadirkan Ruang Pintar sejak tahun 2019 dan berkembang pesat di tahun 2021 serta diterima dengan baik oleh masyarakat karena Ruang Pintar juga dimanfaatkan sebagai lembaga pendidikan non formal seperti belajar mengaji dan lainnya.

"Meskipun COVID-19 sudah berlalu namun PNM tetap melanjutkan bantuannya," sebutnya.

Dengan keberadaan Ruang Pintar ini diharapkan anak-anak lebih semangat untuk belajar dan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi, harapnya.

Sementara itu, Sidik, salah satu guru pendamping Ruang Pintar "Damai Madani" mengucapkan terima kasih kepada PNM atas bantuan yang telah diberikan.

Dengan bantuan ini, kami terbantu dalam proses belajar mengajar terutama dengan adanya bantuan laptop, wi-fi serta proyektorserta karena akan menunjang proses belajar mengajar.

"Sehingga adik-adik tidak monoton dan kaku dalam proses pembelajaran secara lisan jadi nanti akan bisa kami visualisasikan dengan audio visual," jelasnya.

Senada dengan itu, Randa Putra, Ketua RT1 RW 1 Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai, mengucapkan terima kasih kepada PNM yang sudah tiga tahunnya memberikan bantuan dan berharap bantuan juga untuk tahun-tahun ke depannya.

"Kebetulan untuk warga di sini banyak membutuhkan bantuan seperti ini sehingga anak-anak yang kurang mampu dapat terbantu," ujarnya.

Baca juga: PNM Pekanbaru perpanjang bantuan Ruang Pintar di Rumbai

Adapun data nasabah Mekaar Cabang Rumbai Pesisir per 27 Agustus 2024 berjumlah 5.472 NOA dengan outstanding Rp15.452.949.738 dan nasabah Mekaar di Kelurahan Lembah Damai berjumlah 420 NOA, dengan outstanding Rp50.650.000.

PT PNM hadir di kota Pekanbaru sejak tahun 2001 dan saat ini tergabung dalam Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri atas BRI, Pegadaian dan PNM. Hadirnya PNM ini tidak hanya memberi bantuan finansial tapi juga memberikan bantuan sosial dan intelektual untuk pelaku UMKM.